Tes Bahasa

EPrT®
EPrT® atau English Proficiency Test adalah alat untuk mengukur kecakapan berbahasa Inggris, yang mencakup:
-
- Listening Competence sebanyak 50 soal
- Grammar Competence sebanyak 40 soal
- Reading Competence sebanyak 50 soal
EPrT® Home Edition adalah EPrT® versi online. Tidak ada perbedaan antara EPrT® Home Edition dan EPrT® selain dari pelaksanaannya yang dilaksanakan secara online. Selama pandemi, Pusat Bahasa hanya menyelenggarakan EPrT® Home Edition.
Bagi mahasiswa Telkom University, EPrT® merupakan salah satu syarat kenaikan tingkat dan juga syarat untuk mengikuti sidang akhir. Mahasiswa disarankan untuk selalu mempunyai sertifikat EPrT® yang valid.
Rentang skor EPrT®: 310–677
Durasi pelaksanaan EPrT®: ± 2.5 jam
Masa berlaku sertifikat EPrT®: 2 tahun
Jadwal EPrT®:
Senin-Kamis:
Sesi 1: 08.00 – 10.00 WIB
Sesi 2: 11.00 – 13.00 WIB
Sesi 3: 14.00 – 16.00 WIB
Jumat:
Sesi 1: 08.00 – 10.00 WIB
Sesi 2: 14.00 – 16.00 WIB
Tarif: Rp. 150.000,-
Prosedur Pendaftaran EPrT®
1. Sebelum Mendaftar: Cek Lingkungan dan Perlengkapan
Pastikan Anda dapat memenuhi standar perlengkapan dan ruangan untuk melaksanakan tes sebelum melakukan pendaftaran. Berikut perlengkapan tes dan lingkungan tempat tes yang harus Anda penuhi:
Perlengkapan Tes
- Desktop PC atau Laptop
Tes dikerjakan melalui PC desktop atau laptop, bukan tablet atau smartphone. Berikut ketentuan spesifikasi device PC desktop atau laptop yang harus dipenuhi:
-
- Windows Operating System 8.1, 10 atau 11 (Mac tidak support)
Catatan: Menggunakan mouse sangat direkomendasikan untuk memudahkan navigasi. - Terinstal Zoom Desktop Client pada laptop/PC, download melalui https://zoom.us/client/latest/ZoomInstaller.exe
- Terinstal Safe Exam Browser versi 3.0.1, download melalui bit.ly/SEB301
- Windows Operating System 8.1, 10 atau 11 (Mac tidak support)
Panduan instalasi dapat dilihat pada link berikut: Panduan Simulasi Demo EPrT dengan SEB
- Koneksi Internet yang Stabil
Koneksi internet harus stabil, terutama jika menggunakan tethering.
- Earphones dengan Mikrofon
Earphones harus berkabel (bukan wireless) dan digunakan pada bagian Listening.
- Smartphone untuk Pengawasan
Selain Zoom pada PC/laptop, Smartphone digunakan sebagai media monitoring kedua selama tes berlangsung. Tes akan dimonitor melalui DUA Zoom: yang terpasang di PC/laptop DAN Smartphone. Pastikan Zoom dapat berjalan dengan baik di Smartphone Anda.
Berikut ketentuan spesifikasi smartphone untuk menjalankan aplikasi Zoom: Android 5.0x atau lebih, iOS 8.0 atau lebih iPadOS 13 atau lebih. Gunakan Zoom di smartphone dan pastikan selalu menyala selama tes berlangsung.
Akun ini digunakan untuk login dalam aplikasi ujian. Bagi mahasiswa, dosen, dan pegawai tetap/profesional yang sudah memiliki akun SSO, silakan login menggunakan akun SSO, dengan ketentuan pada bagian username ditambah @student.telkomuniversity.ac.id.
Bagi pengguna non-SSO, silakan kunjungi link https://celoe.telkomuniversity.ac.id/register untuk melakukan registrasi. Pastikan menggunakan public username yang personal bagi Anda. Untuk password, gunakan minimal 8 karakter dengan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan symbol. Petunjuk pendaftaran lengkap dapat dilihat pada link berikut: Pendaftaran Akun CELOE
Civitas Telkom University, diwajibkan menggunakan akun SSO dalam pelaksanaan tes. Penggunaan akun eksternal bagi civitas Tel-U tidak diizinkan, dan bagi yang melanggar, tes akan dihentikan sementara.
Lingkungan Tempat Tes
- Privasi
Tes harus dilaksanakan di dalam ruangan, tanpa kehadiran siapa pun disekitar Anda. Tes tidak boleh dilaksanakan di tempat umum.
- Area Tidak Bising
Pastikan lingkungan Anda tidak bising dan mendukung tes.
- Penempatan Gadget
Laptop atau monitor harus disimpan di atas meja. Meja harus bebas dari benda-benda yang tidak diperbolehkan saat tes.
- Penerangan yang Baik
Ruangan Anda harus memiliki penerangan yang baik sehingga layar, meja, dan badan Anda dapat terlihat jelas oleh proktor.
- Busana dan Penampilan
Kenakan pakaian yang rapi dan sopan. Selama tes, Anda akan bertatap muka dengan pengawas dan akan didokumentasikan.
2. Melakukan Pendaftaran
Pendaftaran EPrT (pendaftar mahasiswa dan sivitas akademika Telkom University) dilakukan melalui iGracias igracias.telkomuniversity.ac.id
Bagi pendaftar yang tidak memiliki akun iGracias (pendaftar umum dan alumni), silakan mengisi formulir permohonan akun iGracias di link berikut: bit.ly/iGracias_Registration
Pembuatan akun iGracias memakan waktu 1 hari kerja setelah mengisi formulir. Informasi akun Anda akan dikirimkan ke alamat email yang Anda masukkan di formulir tersebut.
Jika Anda mengisi formulir pembuatan akun pada hari Jumat, 22 September 2023 pukul 10:00 WIB, maka Anda akan mendapatkan email informasi akun iGracias maksimal hari Senin, 25 September 2023 pukul 16:00 WIB.
Mengisi formulir pendaftaran EPrT® di iGracias
Pendaftaran dilakukan paling lambat 2 hari kerja sebelum jadwal tes yang Anda pilih.
- Login di igracias.telkomuniversity.ac.id
- Pilih menu Pusat Bahasa
- Pilih menu Registrasi Layanan Bahasa
- Pilih menu Pendaftaran
- Pilih menu Tes Bahasa
- Pilih Online EPrT
- Di kolom Room, pilih Home Edition
- Pilih jadwal (tanggal & sif) yang Anda inginkan
Pembayaran
- Lakukan pembayaran dan simpan bukti pembayaran. Berikut tata cara pembayaran: bit.ly/LaCPayment24
- Upload bukti pembayaran di bit.ly/BuktiBayarUpload_New sebelum pukul 16:00 WIB di hari yang sama saat Anda mendaftar.
(Jika terlewat, pendaftaran Anda akan dibatalkan sistem, sehingga pendaftaran perlu diulangi di keesokan hari)
- Jika pembayaran sudah sesuai, pendaftaran Anda di igracias akan dikonfirmasi. Pendaftaran Anda diterima.
PENTING: Anda wajib melakukan pembayaran dan upload bukti pembayaran di hari yang sama Anda mengisi formulir pendaftaran di iGracias (hari kerja) sebelum pukul 15:00 WIB.
3. Bersiap Sebelum Tes
Sebelum Tes
- Melakukan Simulasi
Simulasi ditujukan untuk mengecek kesiapan perlengkapan peserta sebelum tes. Panduan lengkap simulasi dapat dilihat pada link berikut: bit.ly/PanduanSimulasiEPrT_SEB. Sebaiknya dokumen ini dibuka pada device lain karena demo ini akan menutup semua aplikasi pada laptop/PC.
- Gunakan Microsoft Authenticator
Anda harus menggunakan Microsoft Authenticator untuk verisikasi login ke platform tes. Panduan install microsoft authenticator: bit.ly/panduan_mfa_aplikasi
- Ikuti Tes Sesuai Jadwal
Peserta diharuskan untuk mengikuti tes sesuai dengan jadwal yang Anda daftarkan di iGracias. Silakan cek kembali jadwal tes Anda di iGracias untuk memastikan. Pemindahan jadwal tes tidak dapat dilakukan.
- Bersiap Sebelum Tes
Bersiaplah sebelum tes. Pada Whatsapp Group, Admin akan memberikan file untuk tes, link Zoom, serta password untuk mengakses file tersebut.
- Siapkan Kartu Identitas
Siapkan kartu identitas berfoto seperti KTP/SIM/Kartu Mahasiswa berbentuk fisik (berbentuk scan/PDF/digital lainnya tidak diperkenankan).
- Siapkan Dual Zoom
Untuk memonitor pelaksanaan tes, tes ini akan mengimplementasikan dual Zoom. Zoom pada laptop/PC dan Zoom pada smartphone. Smartphone harus diletakkan dengan benar sehingga memperlihatkan badan Anda dan layar pengerjaan tes.
- Privasi
Pastikan tidak akan ada gangguan saat pelaksanaan tes. Kunci ruangan Anda bila perlu. Matikan segala alat komunikasi yang tidak diperlukan.
- Masuk Zoom 30 Menit Sebelum Pelaksanaan Tes
Peserta diharuskan masuk ke Zoom 30 (tiga puluh) menit sebelum pelaksanaan tes. Peserta yang terlambat masuk ke Zoom tidak diperkenankan mengikuti tes dan biaya tes tidak dapat dikembalikan.
Selama Tes
- Isi Penuh Daya Perlengkapan
Pastikan baterai laptop/smartphone penuh. Jika menggunakan PC, pastikan kabelnya terpasang baik. Jika memungkinkan, smartphone harus selalu terisi daya selama tes.
- Device Tes
Pastikan ketika tes hari H, Anda menggunakan device yang sama ketika simulasi berhasil dan tidak menggunakan dua layar yang berbeda.
- Peserta Tidak Diperkenankan ke Toilet
Setelah masuk ke aplikasi Zoom, peserta tidak diperkenankan meninggalkan layar Zoom, termasuk ke toilet.
- Meja Pengerjaan Bersih
Di meja pengerjaan tes, tidak diperkenankan ada benda apapun, termasuk alat tulis.
- Berpakaian Sopan dan Duduk Rapi
Selama tes, duduklah dengan benar, tidak berbaring. Berpakaianlah yang sopan karena tes ini akan diokumentasikan. Tidak diperbolehkan makan, minum, atau merokok selama tes berlangsung.
- Menggunakan Earphones/Headset Berkabel
Peserta tes diwajibkan menggunakan earphones/headset berkabel saat sesi listening. Peserta yang tidak menggunakan earphones/headset berkabel, tidak diperkenankan mengikuti tes.
- Selesaikan Tes
Janganlah meninggalkan tempat tes sampai diinstruksikan. Dengarkan penjelasan proktor sampai akhir.
- Pelanggaran dalam Tes:
- Membuka aplikasi lain selain aplikasi tes;
- Meng-copy/capture soal-soal tes;
- Mengunduh soal dalam bentuk apa pun;
- Mencatat selama tes berlangsung;
- Mengerjakan tes orang lain;
- Mewakilkan pengerjaan tes kepada orang lain;
- Mendapat bantuan secara langsung atau tidak langsung dari pihak lain dalam mengerjakan tes;
- Berkomunikasi dalam bentuk apapun kepada orang lain selain pengawas baik langsung maupun tidak langsung;
- Memberikan jawaban kepada peserta lain;
- Membiarkan orang lain berada dalam ruangan yang sama dengan Anda;
- Meninggalkan Zoom tanpa seizin pengawas;
- Makan, minum, dan merokok selama tes.
- Kendala Sebelum Tes
Jika mengalami kendala sebelum pelaksanaan tes, silakan untuk dikomunikasikan melalui chat WhatsApp Group, sedangkan jika terjadi kendala saat pelaksanaan tes, silakan untuk dikonsultasikan ke pengawas tes melalui chat Zoom.
Jika mengalami kendala dimohon untuk segera melapor pada saat itu juga dan tidak menunda-nunda, sehingga dapat dibantu untuk solusinya. Penyampaian kendala setelah kejadian dianggap TIDAK VALID.
Catatan:
Jika pada hari pelaksanaan tes Anda batal melaksanakan tes dikarenakan persiapan belum dilakukan, kendala jaringan ataupun listrik, tes tidak dapat di-reschedule dan tidak dapat di-refund dengan alasan apapun.
4. Menerima Hasil Tes
- Hasil skor tes akan diunggah ke iGracias 1 hari kerja setelah tanggal pelaksanaan tes pada pukul 14.00 WIB.
- Sertifikat tes dapat diunduh di iGracias oleh masing-masing peserta tes selama masih berlaku.
Apabila masa berlaku sertifikat habis, sertifikat sudah tidak dapat diunduh lagi di iGracias.
Silakan untuk SEGERA mengunduh dan menyimpan file sertifikat sebelum masa berlaku habis.
5. Pembatalan dan Perubahan Jadwal
Pembatalan
- Jika pembatalan dilakukan sebelum pembayaran, tidak ada penalti yang berlaku. Sistem akan otomatis membatalkan pendaftaran jika Anda tidak meng-upload bukti bayar.
- Jika pembatalan dilakukan setelah melakukan pembayaran, biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.
Perubahan Jadwal
- Jika Anda ingin mengubah jadwal tes setelah mengisi formulir pendaftaran di iGracias tetapi belum melakukan pembayaran, Anda hanya perlu mengisi formulir pendaftaran kembali dengan memilih jadwal yang baru.
- Anda tidak dapat mengubah jadwal setelah melakukan pembayaran. Oleh karena itu, pastikan Anda siap untuk mengikuti tes di jadwal yang dipilih.

ECCT®
ECCT® atau English Communicative Competence Test adalah alat untuk mengukur kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris. Komponen penilaian ECCT® terdiri dari pronunciation, grammar, vocabulary, flow of speech, construction of ideas, dan task completion.
ECCT® Home Edition adalah ECCT® versi online. Tidak ada perbedaan antara ECCT® Home Edition dan ECCT® selain dari pelaksanaannya yang dilaksanakan secara online. Selama pandemi, Pusat Bahasa hanya menyelenggarakan ECCT® Home Edition.
Rentang skor ECCT®: 1–4
Durasi pelaksanaan ECCT®: ± 15 menit
Masa berlaku sertifikat ECCT®: 2 tahun
Jadwal ECCT®:
Senin-Kamis:
Sesi 1: 08.00 – 10.00 WIB
Sesi 2: 11.00 – 13.00 WIB
Sesi 3: 14.00 – 16.00 WIB
Jumat:
Sesi 1: 08.00 – 10.00 WIB
Sesi 2: 14.00 – 16.00 WIB
Tarif: Rp. 125.000,-
Prosedur Pendaftaran ECCT®
1. Sebelum Mendaftar: Cek Lingkungan dan Perlengkapan
Pastikan Anda dapat memenuhi standar perlengkapan dan ruangan untuk melaksanakan tes sebelum melakukan pendaftaran!
Berikut perlengkapan tes dan lingkungan tempat tes yang harus Anda penuhi:
Perlengkapan tes
- PC desktop atau laptop.
Tes tidak diperkenankan dilakukan melalui tablet atau smartphone. - Koneksi internet yang stabil.
- Aplikasi Zoom.
Tes dilaksanakan melalui aplikasi Zoom. Pastikan aplikasi ini sudah terinstal pada PC atau laptop yang akan digunakan untuk tes. - Earphones atau headphones dengan mikrofon.
Earphones atau headphones sangat dianjurkan agar lebih jelas berkomunikasi dengan interviewer. - Kamera laptop atau add-on pada PC.
Kamera wajib dinyalakan sepanjang pelaksanaan tes. Pastikan kamera berfungsi dengan baik.
Lingkungan tempat tes
- Privasi
Tes harus dilaksanakan di dalam ruangan, tanpa kehadiran siapa pun. Tes tidak boleh dilaksanakan di tempat umum. - Tempat duduk nyaman
Selama tes, pastikan Anda duduk dengan nyaman, tidak berbaring. Anda tidak diperkenankan makan atau minum selama interview. - Penempatan gadget
Laptop atau monitor harus disimpan di atas meja. Meja harus bebas dari benda-benda yang tidak diperbolehkan saat tes. - Media mencatat
Anda diperbolehkan mencatat pada bagian tertentu interview. Pada akhir tes, Anda akan diminta menghancurkan kertas catatan yang telah Anda gunakan. - Busana dan penampilan
Kenakan pakaian yang rapi dan sopan. Selama tes, Anda akan bertatap muka dengan interviewer dan akan didokumentasikan.
2. Melakukan Pendaftaran
Pendaftaran ECCT® (pendaftar mahasiswa dan sivitas akademika Telkom University) dilakukan melalui iGracias di link berikut: igracias.telkomuniversity.ac.id
Bagi pendaftar yang tidak memiliki akun iGracias (pendaftar umum dan alumni), silakan mengisi formulir permohonan akun igracias di link berikut: bit.ly/iGraciasRegistration
Pembuatan akun iGracias memakan waktu 1 hari kerja. Informasi akun Anda akan dikirimkan ke alamat email yang Anda masukkan di formulir tersebut.
Mengisi formulir pendaftaran ECCT® di iGracias
Pendaftaran dilakukan paling lambat 2 hari kerja sebelum jadwal tes yang Anda pilih.
- Login di igracias.telkomuniversity.ac.id
- Pilih menu Pusat Bahasa
- Pilih menu Tes Bahasa
- Pilih Online ECCT
- Di kolom Room, pilih Home Edition
- Pilih jadwal (tanggal & sif) yang Anda inginkan
Pembayaran
- Lakukan pembayaran dan simpan bukti pembayaran. Berikut tata cara pembayaran: bit.ly/LaCPayment24
- Upload bukti pembayaran di bit.ly/BuktiBayarUpload_New di hari yang sama sebelum pukul 15:00 WIB.
- Jika pembayaran sudah sesuai, pendaftaran Anda di iGracias akan dikonfirmasi. Pendaftaran Anda diterima.
PENTING: Anda wajib melakukan pembayaran dan upload bukti pembayaran di hari yang sama Anda mengisi formulir pendaftaran di iGracias sebelum pukul 15:00 WIB.
3. Bersiap Sebelum Tes
- Bersiap
Bersiap-siaplah 30 menit sebelum tes. Admin akan menghubungi Anda untuk mengecek ulang persyaratan. Siapkan kartu identitas untuk ditunjukkan pada verifikasi peserta. - Headphone/Earphone dengan Mikrofon
Pasang headphone/eaprhone Anda dan pastikan sudah berfungsi. Pastikan juga mikrofon dapat memperdengarkan suara Anda dengan jelas. - Catatan
Siapkan selembar kertas untuk mencatat. Pada akhir tes, interviewer akan meminta Anda memperlihatkan catatan dan menghancurkannya. - Privasi
Pastikan tidak ada hal yang mengganggu ketika tes berlangsung. Kunci ruangan Anda jika perlu. Matikan juga alat komunikasi lain yang Anda miliki jika ada.
4. Menerima Hasil Tes
Hasil skor tes akan diunggah ke iGracias 1 hari kerja setelah tanggal pelaksanaan tes pada pukul 14.00 WIB dan sertifikat tes dapat diunduh di iGracias oleh masing-masing peserta tes.
5. Pembatalan dan Perubahan Jadwal
Pembatalan
- Jika pembatalan dilakukan sebelum pembayaran, tidak ada penalti yang berlaku. Sistem akan otomatis membatalkan pendaftaran jika Anda tidak meng-upload bukti bayar.
- Jika pembatalan dilakukan setelah melakukan pembayaran, biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.
Perubahan Jadwal
- Jika Anda ingin mengubah jadwal tes setelah mengisi formulir pendaftaran di iGracias tetapi belum melakukan pembayaran, Anda hanya perlu mengisi formulir pendaftaran kembali dengan memilih jadwal yang baru.
- Anda tidak dapat mengubah jadwal setelah melakukan pembayaran. Oleh karena itu, pastikan Anda siap untuk mengikuti tes di jadwal yang dipilih.

TOEFL ITP®
TOEFL ITP® adalah alat untuk mengukur kecakapan berbahasa Inggris yang diakui secara internasional dan merupakan produk resmi dari Educational Testing Service (ETS) yang mencakup:
-
- Listening Competence sebanyak 50 soal
- Grammar Competence sebanyak 40 soal
- Reading Competence sebanyak 50 soal
TOEFL ITP® Online Remote Proctoring adalah versi online dari TOEFL ITP®. Tidak ada perbedaan antara keduanya selain dari pelaksanaannya yang dilakukan secara online.
Pusat Bahasa Universitas Telkom adalah authorized test center untuk TOEFL ITP® bekerja sama dengan IIEF (Indonesian International Education Foundation) yang merupakan penyelenggara resmi TOEFL ITP® di Indonesia.
Rentang skor TOEFL ITP®: 310–677
Durasi pelaksanaan TOEFL ITP®: ± 3 jam termasuk pengecekan identitas dan ruangan di mana peserta melakukan tes
Masa berlaku sertifikat TOEFL ITP®: 2 tahun
- Tarif Bulan April
Civitas Tel-U: Rp550.000,- (belum termasuk biaya pengiriman sertifikat)
Umum: Rp550.000,- (belum termasuk biaya pengiriman sertifikat) - Tarif Bulan Mei dan selanjutnya
Civitas Tel-U: Rp550.000,-
Umum: Rp610.500,- (sudah termasuk PPN 11%)
Jadwal dan Link Pendaftaran TOEFL ITP® 2025
Bulan | Tanggal Tes | Waktu | Link Pendaftaran | Maksimal Pendaftaran (pendaftaran sewaktu-waktu dapat ditutup apabila kuota pendaftar penuh) | Maksimal Pembayaran |
April | 15 April 2025 | 08.00-11.00 | Pendaftaran Ditutup | 21 Maret 2025 | 24 Maret 2025 |
13.00-16.00 | Pendaftaran Ditutup | ||||
22 April 2025 | 08.00-11.00 | Pendaftaran Ditutup | 7 April 2025 | 9 April 2025 | |
13.00-16.00 | Pendaftaran Ditutup | ||||
29 April 2025 | 08.00-11.00 | Pendaftaran Ditutup | 14 April 2025 | 16 April 2025 | |
13.00-16.00 | Pendaftaran Ditutup | ||||
Mei | 6 Mei 2025 | 08.00-11.00 | Daftar Tes | 21 April 2025 | 23 April 2025 |
13.00-16.00 | Daftar Tes | ||||
20 Mei 2025 | 08.00-11.00 | Daftar Tes | 6 Mei 2025 | 8 Mei 2025 | |
13.00-16.00 | Daftar Tes | ||||
27 Mei 2025 | 08.00-11.00 | Daftar Tes | 9 Mei 2025 | 12 Mei 2025 | |
13.00-16.00 | Daftar Tes | ||||
Juni | 3 Juni 2025 | 08.00-11.00 | Pendaftaran Belum Dibuka | 20 Mei 2025 | 22 Mei 2025 |
13.00-16.00 | Pendaftaran Belum Dibuka | ||||
10 Juni 2025 | 08.00-11.00 | Pendaftaran Belum Dibuka | 27 Mei 2025 | 29 Mei 2025 | |
13.00-16.00 | Pendaftaran Belum Dibuka | ||||
17 Juni 2025 | 08.00-11.00 | Pendaftaran Belum Dibuka | 2 Juni 2025 | 4 Juni 2025 | |
13.00-16.00 | Pendaftaran Belum Dibuka | ||||
24 Juni 2025 | 08.00-11.00 | Pendaftaran Belum Dibuka | 9 Juni 2025 | 11 Juni 2025 | |
13.00-16.00 | Pendaftaran Belum Dibuka |
Prosedur Pendaftaran TOEFL ITP®
1. Melakukan check readiness dan instalasi secure browser
Download panduan persiapan TOEFL ITP® berikut dan lakukan semua tahapan check readiness dan instalasi secure browser yang diinstruksikan dalam panduan: tel-u.ac.id/toeflitpdigital
Lakukan checklist berikut untuk memastikan tidak ada tahapan yang terlewat:
- Sudah melakukan check readiness (pastikan Anda menyimpan PDF hasil check readiness karena dokumen tersebut harus dilampirkan di form pendaftaran). Terdapat 3 langkah pada check readiness, yaitu:
- Run system check
- Test delivery check
- Bandwidth check
- Sudah download dan installed aplikasi SECURE BROWSER. Instruksi instalasi ada dalam panduan.
2. Mengisi formulir pendaftaran
Link formulir pendaftaran dapat dilihat pada tabel informasi Jadwal & Link Pendaftaran. Pastikan Anda sudah selesai membaca semua prosedur sebelum pergi ke laman jadwal dan mengisi formulir pendaftaran.
3. Melakukan pembayaran
Instruksi pembayaran akan dikirimkan kepada masing-masing peserta setelah tanggal registrasi berakhir. Dimohon untuk tidak melakukan pembayaran sebelum menerima instruksi pembayaran dari Pusat Bahasa. Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan untuk alasan apapun.
Jika Anda tidak menerima instruksi pembayaran H-1 melalui email setelah pendaftaran berakhir. Mohon untuk menghubungi admin.
4. Upload bukti pembayaran
- Silakan upload bukti pembayaran di link berikut: bit.ly/BuktiBayarUpload_New (Form hanya dibuka di jam layanan LaC Senin-Jumat pukul 08:00-16:00 WIB. Sabtu, Minggu, dan Libur Nasional tutup)
5. Mengikuti tes sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan
Sebelum pelaksanaan tes, pastikan Anda sudah siap dan dapat mengikuti semua instruksi di bawah ini:
- Pastikan laptop atau PC Anda memenuhi spesifikasi minimum yang disyaratkan dan sesuai dengan kriteria check readiness yang tersedia. Panduan check readiness dapat dilihat di link: Panduan Check Readiness
- Pastikan untuk menginstall Zoom versi terbaru di smartphone Anda.
- Pastikan Anda sudah berhasil melakukan simulasi (practice session) dan sudah mematuhi semua ketentuan yang diberikan.
- Pastikan Anda memiliki koneksi Internet yang stabil selama pelaksanaan tes.
Bagi peserta yang tidak dapat memenuhi ketentuan yang sudah diberikan karena persiapan berlum dilakukan, peserta tidak diperkenankan mengikuti tes dan uang pendaftaran tidak dapat dikembalikan.
6. Menerima sertifikat tes
Sertifikat tes akan tersedia di Pusat Bahasa 14 hari kerja (Senin-Jumat) sejak tanggal pelaksanaan tes. Hari Sabtu, Minggu dan hari libur tidak dihitung.
TOEFL iBT®
TOEFL iBT® (Test of English as a Foreign Language) merupakan tes yang diakui secara internasional untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris secara objektif, akurat, dan tidak bias dalam menggunakan dan memahami bahasa Inggris bagi non-penutur asli.
IELTS
IELTS atau International English Language Testing System adalah tes untuk mengukur kemampuan berbahasa bagi mereka yang ingin bekerja atau belajar di negara-negara yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa sehari-harinya.
TOEIC®
TOEIC® (Test of English for International Communication) merupakan produk resmi dari Educational Testing Service (ETS) untuk mengukur kecakapan berbahasa Inggris. TOEIC® adalah salah satu tes kecakapan berbahasa Inggris yang diakui secara internasional.

TelUVEE
Telkom University Vocational English Examination (TelUVEE) adalah alat ukur kecakapan bahasa Inggris dalam ranah vokasi yang dikembangkan oleh Pusat Bahasa Universitas Telkom. Jenis teks dan situasi yang digunakan dalam tes disesuaikan dengan ranah vokasi, seperti manual, prosedur, korespondensi, pengumuman, situasi perkantoran, situasi bisnis dan lain-lain.
Kompetensi yang diujikan dalam TelUVEE adalah:
-
- Listening sebanyak 80 soal
- Communicative Competence sebanyak 20 soal
- Vocabulary and Grammar sebanyak 30 soal
- Reading sebanyak 40 soal
- Writing Knowledge sebanyak 30 soal
Durasi pelaksanaan TelUVEE: ± 2.5 jam termasuk pengecekan identitas
Rentang skor TelUVEE: 10–990
Masa berlaku sertifikat TelUVEE: 2 tahun
Info Lebih Lanjut & Penyelengaraan TelUVEE
Untuk saat ini, penyelenggaraan TelUVEE hanya berdasarkan permohonan secara kolektif dari instansi yang memerlukan. Info lebih lanjut dan permohonan pelaksanaan TelUVEE dapat diajukan melalui email lac@telkomuniversity.ac.id