Profil Bagian Pusat Bahasa

Kepala Bagian Pusat Bahasa

Retno Hendryanti, Ph.D.


Selamat datang di Pusat Bahasa Universitas Telkom!

Pusat Bahasa adalah unit pendukung di Universitas Telkom yang berkomitmen meningkatkan kemampuan berbahasa seluruh sivitas akademika Universitas Telkom dan masyarakat pada umumnya agar siap dalam menghadapi dunia global.

Sejak didirikan di tahun 2007, Pusat Bahasa terus tumbuh dan berkembang melalui beragam layanan bahasa seperti layanan kursus bahasa, tes bahasa, terjemahan dan proofreading. Setiap tahunnya, Pusat Bahasa dapat melayani lebih dari 10.000 pengguna layanan bahasa.

Mari bergabung di Pusat Bahasa Universitas Telkom dan tingkatkan kemampuan berbahasa Anda agar siap berpartisipasi dalam komunitas global.

Visi Misi

Our Vision:

Becoming a research and information technology based language center that actively contributes to the development of customers’ multilingual competence and intercultural understanding so that they are ready to actively participate in the global world.

Our Missions:

  1. Organizing and developing international standard language trainings and tests based on information technology
  2. Utilizing technology, science, and art for the welfare and advancement of the nation’s civilization through the development of multilingual and intercultural competencies
Struktur Organisasi
Sejarah

Lab Bahasa

Laboratorium Bahasa atau Lab Bahasa mempunyai tujuan meningkatkan kemampuan berbahasa inggris mahasiswa sejak masih di bawah naungan BPDU (Biro Perkuliahan Dasar Umum), yang kemudian setelah tahun 1994 berubah menjadi PPDU (Program Perkuliahan Dasar Umum), dan awal 2007 namanya berubah lagi menjadi Departemen Sains di STT Telkom.

Kegiatan peningkatan kemampuan berbahasa Inggris dimulai dengan menyediakan tes bahasa seperti English Proficiency Test (EPrT) hingga TOEFL ITP. Lab bahasa merupakan cikal bakal sebelum terbentuknya Pusat Bahasa.

 

Unit Pengembangan Institusi dan Bahasa

Pada tahun 2011, Lab Bahasa berubah menjadi Unit Pengembangan Institusi dan Bahasa. Unit inilah yang mengembangkan layanan kursus, English Self Access Program (ESAP) dan terjemahan.

English Self Access Program (ESAP) merupakan hibah dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi (DIKTI) dalam Program PHKI (Program Hibah Kompetisi Institusi). Program ini merupakan program yang berfokus pada peningkatan kemahiran speaking.

Dari ESAP inilah lahir layanan tes yang berdasarkan pada kompetensi speaking, yaitu English Communicative Competence Test (ECCT). Tes ini dapat menjadi tolak ukur sejauh mana kemampuan mahasiswa dalam berbicara dalam bahasa Inggris.

 

Pusat Bahasa

Pada tahun 2013, terbentuk Telkom University hasil dari penggabungan 4 institusi yang terdiri dari Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom). Unit Pengembangan Institusi dan Bahasa dari IT Telkom dipilih sebagai unit penyedia layanan bahasa karena dinilai yang paling mempunyai kesiapan terbaik.

Seiringan dengan lahirnya Telkom University, nama Unit Pengembangan Institusi dan Bahasa berubah menjadi Pusat Bahasa. Pusat Bahasa melanjutkan program program Unit Pengembangan Institusi dan Bahasa seperti ESAP, EPrT, ECCT, layanan terjemahan, hingga kursus persiapan tes.

Layanan kursus persiapan tes awalnya dibentuk dengan tujuan untuk membantu peningkatan skor pada tes EPrT. Layanan ini terus berkembang hingga terbentuk layanan persiapan tes lainnya seperti kursus persiapan tes ECCT, TOEFL ITP hingga TOEIC.

Tak sampai disana, Pusat Bahasa terus mengembangkan berbagai layanan diantaranya adalah kursus bahasa asing lain seperti Bahasa Arab, Bahasa Korea, Bahasa Jepang hingga Bahasa Prancis.

Selanjutnya terdapat layanan kursus Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Kursus ini ditujukan untuk membantu mahasiswa asing dalam berkomunikasi sehari-hari.

Pusat Bahasa terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan untuk sivitas Telkom University dan masyarakat umum.

Fakta

20,909

Jumlah Pengguna Layanan

89.82%

Kepuasan Pengguna Layanan

2

HAKI untuk Layanan Tes Kecapakapan Berbahasa Inggris

2

Authorized Test Center untuk Layanan Tes Internasional

3

Modul Kursus Ber-ISBN

Mitra & Klien