Contoh Soal Grammar EPrT Lengkap dengan Jawaban dan Pembahasannya! 

Contoh Soal Grammar EPrT Lengkap dengan Jawaban dan Pembahasannya! 

Menghadapi ujian EPrT (English Proficiency Test) bisa menjadi tantangan tersendiri, apalagi untuk kamu yang merasa belum terlalu familiar dengan soal-soal grammar dalam bahasa Inggris. Tes ini sering jadi salah satu syarat wajib untuk kelulusan atau pendaftaran program tertentu di perguruan tinggi, termasuk di Telkom University. Karena itu, kamu perlu mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin, terutama pada bagian grammar yang dikenal suka menjebak tapi sebenarnya bisa ditaklukkan jika kamu mengetahui triknya. 

Bagian grammar dalam EPrT biasanya disebut sebagai Structure and Written Expression. Di sinilah kemampuan kamu dalam memahami struktur kalimat bahasa Inggris diuji. Banyak peserta merasa bagian ini cukup bikin pusing, karena butuh pemahaman yang kuat soal tata bahasa dan bukan hanya mengandalkan hafalan. Tapi kabar baiknya, soal-soal grammar ini punya pola tertentu yang bisa kamu pelajari dan latih sampai kamu terbiasa. 

Ilustrasi mahasiswa belajar grammar EPrT dengan buku panduan

Nah, lewat artikel ini, kamu akan belajar untuk membongkar jenis-jenis soal grammar yang sering muncul di EPrT. Tak hanya teori, tapi juga dilengkapi dengan contoh soal, jawaban, serta pembahasan lengkapnya. Harapannya, kamu bisa lebih pede saat ujian nanti, karena sudah tahu apa yang harus dihadapi. Yuk, langsung kita mulai sesi belajarnya! 


1. Subject-Verb Agreement (Kecocokan Subjek dan Kata Kerja)  

Soal grammar sering kali mengetes apakah kamu bisa mencocokkan subjek dengan kata kerja yang benar, terutama dalam bentuk jamak dan tunggal. 
Contoh Soal: 

1. The list of items ___ on the table. 
A. are  
B. is  
C. have  
D. were 
Jawaban: B. is 
Pembahasan: Subjek sesungguhnya adalah “the list” (bukan items), sehingga kata kerja harus mengikuti bentuk tunggal. 

2. Either the teachers or the principal ___ going to make the announcement. 
A. are 
B. were 
C. is 
D. have 
Jawaban: C. is 
Pembahasan: Ketika menggunakan “either…or”, kata kerja mengikuti subjek yang paling dekat, yaitu “the principal” (tunggal). 

3. The dogs in the backyard ___ loudly every night. 
A. bark 
B. barks 
C. barking 
D. is barking 
Jawaban: A. bark 
Pembahasan: Subjeknya adalah “dogs” (jamak), jadi kata kerja yang benar adalah “bark”. 


2. Tenses (Waktu dalam Bahasa Inggris)  

Memahami penggunaan waktu sangat penting, terutama perbedaan antara past, present, dan future. 
Contoh Soal: 

1. She ___ to the library every Saturday. 
A. go 
B. goes 
C. went 
D. gone 
Jawaban: B. goes 
Pembahasan: Kalimat ini adalah kebiasaan rutin (habit), jadi menggunakan simple present. Subjeknya “She” → kata kerja yang benar adalah “goes”. 

2. They ___ a movie last night. 
A. watch 
B. watched 
C. watching 
D. watches 
Jawaban: B. watched 
Pembahasan: Ada keterangan waktu “last night”, menunjukkan simple past. Kata kerja bentuk lampau dari “watch” adalah “watched”. 

3. I think it ___ tomorrow. 
A. rains 
B. rained 
C. will rain 
D. raining 
Jawaban: C. will rain 
Pembahasan: Kata “tomorrow” menunjukkan future tense → gunakan “will” + verb 1. 



3. Passive Voice (Kalimat Pasif)  

Kalimat pasif juga sering muncul, terutama dalam bentuk lampau atau present perfect. 
Contoh Soal: 

1. The homework ___ by the students yesterday. 
A. was completed 
B. completed 
C. has completed 
D. is completed 
Jawaban: A. was completed 
Pembahasan: Ada kata “yesterday”, jadi kita tahu ini past tense. Kalimat pasif → gunakan was + V3. 

2. The documents ___ by the manager before the meeting. 
A. will be reviewed 
B. reviewed 
C. review 
D. reviews 
Jawaban: A. will be reviewed 
Pembahasan: Ada keterangan waktu sebelum kejadian masa depan → gunakan future passive: will be + V3. 

3. The cakes ___ already ___ by the children. 
A. are, eat 
B. have, eaten 
C. have, ate 
D. has, eaten 
Jawaban: B. have, eaten 
Pembahasan: Menggunakan present perfect passive: have/has + been + V3. 



4. Gerund vs. Infinitive  

Pilihannya kadang tricky banget karena kamu harus tahu kata kerja tertentu diikuti gerund atau infinitive. 
Contoh Soal: 

1. She enjoys ___ novels in her free time. 
A. read 
B. reading 
C. to read 
D. reads 
Jawaban: B. reading 
Pembahasan: Setelah kata kerja “enjoy”, selalu diikuti oleh gerund (V-ing). 

2. I want ___ a new car next year. 
A. buying 
B. bought 
C. buy 
D. to buy 
Jawaban: D. to buy 
Pembahasan: “Want” diikuti oleh infinitive (to + verb 1). 

3. They decided ___ early to avoid traffic. 
A. leaving 
B. leave 
C. to leave 
D. left 
Jawaban: C. to leave 
Pembahasan: Setelah kata kerja “decide”, gunakan infinitive (to + V1). 


5. Parallel Structure (Struktur Sejajar)

Dalam satu kalimat, bentuk kata kerja atau frasa harus konsisten. 
Contoh Soal: 

1. He likes swimming, hiking, and ___. 
A. to bike 
B. biking 
C. ride bike 
D. bikes 
Jawaban: B. biking 
Pembahasan: Karena sebelumnya sudah ada -ing (swimming, hiking), maka harus konsisten → biking. 

2. My mom enjoys cooking, baking, and ___. 
A. to sew 
B. sewing 
C. sew 
D. sews 
Jawaban: B. sewing 
Pembahasan: Gunakan pola yang sejajar dengan bentuk -ing (gerund). 

3. The job requires patience, accuracy, and ___. 
A. be creative 
B. creativity 
C. creative 
D. to be creative 
Jawaban: B. creativity 
Pembahasan: Tiga kata harus dalam bentuk noun (patience, accuracy, creativity). 


6. Preposition Usage  

Preposisi seperti in, on, at, to sering muncul dalam soal grammar. 
Contoh Soal: 

1. We arrived ___ the airport at 6 a.m. 
A. in 
B. at 
C. on 
D. to 
Jawaban: B. at 
Pembahasan: Untuk tempat spesifik (airport) → gunakan at. 

2. She was born ___ July. 
A. in 
B. at 
C. on 
D. to 
Jawaban: A. in 
Pembahasan: Untuk bulan → gunakan preposisi “in”. 

3. The picture is hanging ___ the wall. 
A. in 
B. at 
C. on 
D. to 
Jawaban: C. on 
Pembahasan: Untuk sesuatu yang menempel di permukaan (seperti gambar di dinding) → gunakan “on”. 


7. Relative Clauses  

Kamu harus tahu kapan pakai who, whom, which, that, dll. 
Contoh Soal: 

1. The book ___ I borrowed from the library was interesting. 
A. who 
B. whose 
C. which 
D. whom 
Jawaban: C. which 
Pembahasan: Karena “book” adalah benda → pakai which. 

2. The student ___ won the competition is my classmate. 
A. whom 
B. who 
C. which 
D. where 
Jawaban: B. who 
Pembahasan: Untuk orang sebagai subjek → gunakan “who”. 

3. The woman ___ I met yesterday was very friendly. 
A. who 
B. which 
C. whom 
D. where 
Jawaban: C. whom 
Pembahasan: Objek orang → gunakan “whom” (meskipun “who” sering digunakan dalam percakapan informal). 


8. Conditionals (Kalimat Pengandaian)  

Tipe kalimat pengandaian biasanya muncul dalam bentuk If-Clause. 
Contoh Soal: 

1. If I had studied harder, I ___ the exam. 
A. passed 
B. will pass 
C. would have passed 
D. would pass 
Jawaban: C. would have passed 
Pembahasan: Ini adalah third conditional → If + past perfect, would have + V3. 

2.If it rains tomorrow, we ___ the trip. 
A. will cancel 
B. cancelled 
C. would cancel 
D. had cancelled 
Jawaban: A. will cancel 
Pembahasan: Ini adalah first conditional → If + present, will + V1. 

3. If I were you, I ___ that opportunity. 
A. will take 
B. would take 
C. would have taken 
D. take 
Jawaban: B. would take 
Pembahasan: Second conditional → If + past simple, would + V1. 


9. Pronouns (Kata Ganti)   

Kamu harus tahu kapan pakai he/him, they/them, their/theirs, dll. 
Contoh Soal: 

1. Each of the boys has ___ own locker. 
A. their 
B. his 
C. her 
D. them 
Jawaban: B. his 
Pembahasan: “Each” dianggap sebagai subjek tunggal → gunakan “his” sebagai possessive pronoun. 

2. Neither Sarah nor her friends brought ___ jackets. 
A. her 
B. their 
C. his 
D. hers 
Jawaban: B. their 
Pembahasan: “Friends” adalah subjek jamak terdekat, jadi gunakan “their”. 

3. I saw Peter and gave ___ the book. 
A. he 
B. him 
C. his 
D. himself 
Jawaban: B. him 
Pembahasan: Setelah kata kerja “gave”, kita butuh objek → gunakan “him”. 


10. Articles (A, An, The)  

Meskipun kelihatannya sepele, tapi penggunaan artikel juga sering bikin bingung. 
Contoh Soal: 

1. She adopted ___ dog from the shelter. 
A. the 
B. a 
C. an 
D. some 
Jawaban: B. a 
Pembahasan: Ini pertama kali disebut, dan “dog” dimulai dengan bunyi konsonan → gunakan “a”. 

2. I saw ___ owl sitting on the tree. 
A. a 
B. an 
C. the 
D. some 
Jawaban: B. an 
Pembahasan: “Owl” dimulai dengan bunyi vokal → gunakan “an”. 

3. Please close ___ door behind you. 
A. a 
B. an 
C. the 
D. that 
Jawaban: C. the 
Pembahasan: “The” digunakan untuk sesuatu yang sudah diketahui atau spesifik. 


11. Nouns (Noun Phrases and Uncountable/Countable Noun) 

1. Too _______ homework can lead to stress and burnout among students.   
A. much   
B. many   
C. little   
D. few   
Jawaban: A. much 
Pembahasan: much itu uncountable. 

2. We collected data from a _______ of experts across different fields.   
A. group  
B. groups   
C. group of   
D. grouping   
Jawaban: A. group 
Pembahasan: bentuk umum noun phrase itu ada dua: a) modifier(s) + head noun; dan 2) head noun + of + modifier(s) 

3. The research team observed a rapid _______ in bacteria after the new treatment was introduced.   
A. grow   
B. growing   
C. growth  
D. grew 
Jawaban: C. growth 
Pembahasan: noun phrase bentuk a (lihat nomor 2), jadi harus pilih kata dalam bentuk noun 


12. Discourse Markers

1. Global warming affects not only the environment but also human health. ________, it poses serious economic risks.  
A. Therefore
B. However  
C. On the contrary  
D. In addition to 
Jawaban: A. Therefore 
Pembahasan: karena ide pada klausa kedua memberi tambahan informasi dari klausa pertama

2. Many students find grammar challenging. ________, they still need to master it to succeed in academic writing.  
A. Because  
B. Nevertheless
C. For instance  
D. So that  
Jawaban: B. Nevertheless 
Pembahasan: ide di dua klausa saling kontras

3. The company improved its sustainability policy. ________, it reduced waste by 40%. 
A. In contrast 
B. For example
C. Whereas  
D. On the contrary 
Jawaban: B. For example 
Pembahasan: klausa kedua adalah ilustrasi dari ide pada klausa pertama


13. Subordinated/Coordinated Clauses

1. We won’t go hiking _______ it stops raining..  
A. while  
B. unless
C. because  
D. although   
Jawaban: B. unless 
Pembahasan: subordinating conjunction yang menerangkan kondisi

2. The technician repaired the system ______ the problem didn’t return.
A. when  
B. if  
C. until  
D. so that
Jawaban: D. so that 
Pembahasan: subordinating conjunction yang menerangkan hasil

3. The students were tired, _______ they continued working on the project.
A. but
B. because  
C. although  
D. since 
Jawaban: A. but 
Pembahasan: Berbeda dengan soal nomor 1 dan 2, nomor 3 ini kedua klausanya klausa lengkap yang bisa berdiri sendiri. Jadi tinggal menambahkan coordinating conjuction yang dapat merepresentasikan hubungan antar idenya secara tepat. Karena ini ide setara tapi kontras, maka pake but


14. Modality

1. According to the applicable regulations, all employees _______ wear ID cards while on company property.    
A. might  
B. could  
C. must
D. may   
Jawaban: C. must 
Pembahasan: ada keterangan kata regulations yang mana ketentuannya mutlak. Modality punya degree keharusan, dan must ini letaknya paling tinggi

2. To avoid penalties, businesses _______ submit their tax reports by the end of March.
A. can  
B. should
C. might  
D. would  
Jawaban: B. should 
Pembahasan: sama seperti nomor satu, kata modality dibutuhkan adalah modal yang menunjukkan strong obligation, maka yang tertinggi disini adalah should

3. All electrical equipment _______ be inspected regularly to ensure safety.
A. is supposed to
B. is likely to  
C. are supposed to  
D. will be able to  
Jawaban: A. is supposed to 
Pembahasan: degree obligation tertinggi dan punya kata kerja yang bentuknya sesuai dengan subjek (All = tunggal, sehingga menggunakan “is”



Tips Menghadapi Bagian Grammar di EPrT 

Contoh soal grammar EPrT pilihan ganda beserta jawabannya

1. Latihan Secara Konsisten 
2. Pahami Pola, Bukan Hafalan 
3. Baca Teks Berbahasa Inggris 
4. Gunakan Platform Latihan Online 
5. Belajar dari Kesalahan

Grammar memang bisa terasa rumit di awal, apalagi kalau sudah ketemu soal-soal menjebak seperti di EPrT. Tapi dengan latihan yang konsisten, pemahaman konsep dasar, dan latihan soal seperti yang sudah dibahas di atas, kamu pasti bisa lebih siap dan percaya diri waktu ujian nanti. Jangan lupa, latihan bukan hanya soal menghafal rumus, tapi juga membiasakan diri dengan pola soal dan cara berpikir dalam bahasa Inggris. 

Kalau kamu merasa butuh bimbingan lebih intensif dan terstruktur, kamu bisa bergabung di Kursus Persiapan EPrT Pusat Bahasa Telkom University. Kursus ini dirancang khusus buat kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris di semua aspek listening, reading, writing, dan speaking, sekaligus mengenal lebih dalam format dan strategi menghadapi EPrT. Kelas tersedia dalam format daring maupun luring, jadi fleksibel banget sesuai kebutuhan kamu!  

Kelas Kursus EPrT Preparation Pusat Bahasa Telkom University sedang berlangsung

Dan setelah merasa cukup siap, kamu bisa langsung daftar untuk mengikuti Tes EPrT di Pusat Bahasa Telkom University. Tes ini diakui secara resmi dan bisa kamu gunakan untuk keperluan akademik, beasiswa, atau administrasi kampus. Jangan tunggu sampai detik terakhir, siapkan dirimu dari sekarang, karena semakin awal kamu mulai, semakin besar peluangmu untuk meraih skor yang kamu targetkan! 

Penulis: Pusat Bahasa Tel-U | Editor: Auliya Rahman P | Foto: Pusat Bahasa Tel-U

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *