Tips Mudah Membedakan Partikel 은/는 dan 이/가 dalam Bahasa Korea 

Tips Mudah Membedakan Partikel 은/는 dan 이/가 dalam Bahasa Korea 

Bagi banyak pemula, memahami perbedaan partikel 은/는 dan 이/가 adalah salah satu tantangan terbesar dalam belajar bahasa Korea. Dalam paragraf pertama ini, kita akan langsung mengenalkan fokus utama yaitu partikel 은는 dan 이가, karena keduanya muncul di hampir semua kalimat bahasa Korea dan sangat penting untuk dipahami sejak awal.

Saat baru mulai belajar, keduanya terlihat mirip karena sama-sama menempel pada kata benda. Namun, fungsi dan nuansa yang dibawa partikel-partikel ini ternyata berbeda. Inilah yang membuat banyak pelajar bingung, terutama ketika menemukan dua kalimat yang secara terjemahan bahasa Indonesia terlihat sama tetapi memiliki makna dan penekanan berbeda.

Kabar baiknya: kamu sebenarnya bisa membedakan 은/는 dan 이/가 dengan sangat mudah jika memahami konsepnya dari sudut pandang logika dan konteks. Artikel ini akan membahas semuanya secara sederhana, disertai contoh percakapan, tips praktis, hingga kesalahan umum yang sering dilakukan pelajar.

ilustrasi belajar partikel 은는 dan 이가

A. Apa Itu Partikel ‘이/가’? (Subjek) 

Partikel 이 (i) dan 가 (ga) adalah penanda subjek kalimat. Keduanya digunakan untuk menunjukkan siapa atau apa yang melakukan suatu tindakan.

Aturan dasar: 

  •  digunakan setelah kata yang berakhiran konsonan 
    Contoh: 학생 siswa → 학생 
  •  digunakan setelah kata yang berakhiran vokal 
    Contoh: 나 saya → 나 

Fungsi utama ‘이/가’ 

  1. Menunjukkan subjek baru dalam percakapan 
    Ketika sebuah informasi baru diperkenalkan, partikel ini digunakan untuk memberi tahu siapa subjeknya. 
  1. Memberi penekanan pada subjek 
    Misalnya ketika menegaskan siapa yang melakukan suatu hal. 

Contoh kalimat: 

  • 학생 도서관에 있어요. 
    Siswa ada di perpustakaan. 
  • 고양이 우유를 마셔요. 
    Kucing minum susu. 

Kalimat-kalimat di atas memperkenalkan subjek baru, sehingga partikel 이/가 digunakan. 

B. Apa Itu Partikel ‘은/는’? (Topik)  

Partikel 은 (eun) dan 는 (neun) digunakan untuk menandai topik kalimat, yaitu apa yang sedang dibicarakan.

Aturan dasar: 

  •  digunakan setelah kata berakhiran konsonan 
    Contoh: 책 → 책 
  •  digunakan setelah kata berakhiran vokal 
    Contoh: 학교 → 학교 

Fungsi utama ‘은/는’ 

  1. Membahas topik umum dalam percakapan 
    Digunakan untuk memperkenalkan atau membahas sesuatu secara umum atau kontras. 
  1. Memberikan kontras atau perbandingan 
    Misalnya: “Kalau saya… tapi dia…” 

Contoh kalimat: 

  • 저는 학생이에요. 
    Kalau saya, saya adalah mahasiswa. 
  • 오늘 날씨가 좋아요. 
    Kalau hari ini, cuacanya bagus. 

C. Bedanya di Mana? Analogi Sederhana 

Kalau dibuat analogi: 

  • 이/가 → menunjuk siapa yang melakukan sesuatu (fokus pada subjek). 
  • 은/는 → menunjuk apa yang sedang dibahas (fokus pada topik). 

Contoh paling klasik: 

  • 고양이가 예뻐요. 
    Kucingnya bagus/cantik (menekankan bahwa kucing itu yang cantik). 
  • 고양이는 예뻐요. 
    Kalau kucing secara umum, cantik. 

Jadi 이/가 = spesifik, fokus pada subjek 
Sementara 은/는 = umum, topik pembicaraan 

contoh kalimat penggunaan partikel Korea

D. Contoh Perbandingan Langsung (Biar Makin Paham!) 

1) Ketika memperkenalkan informasi baru 

  • 친구 왔어요. 
    Temanku datang. (informasi baru) 

2) Ketika membahas topik 

  • 친구 친절해요. 
    Kalau teman saya, dia baik. 

3) Ketika membuat kontras 

  • 저는 미국 사람이에요. 
    Kalau saya, saya orang Amerika. 
  • 친구 일본 사람이에요. 
    Kalau teman saya, dia orang Jepang. 

E. Kesalahan Umum Pemula 

  1. Menggunakan 은/는 untuk semua kalimat karena paling sering ditemukan 
    Padahal fungsinya bukan untuk semua subjek. 
  1. Mengira 은/는 = subjek 
    Ini keliru. 은/는 adalah topik, bukan subjek. 
  1. Tidak melihat konteks percakapan 
    Dalam bahasa Korea, konteks adalah kunci. 

F. Tips Mudah Membedakan 은/는 dan 이/가 

1. Tanyakan pada diri sendiri: Ini topik atau subjek? 

  • Jika menjelaskan “apa yang sedang dibicarakan”, gunakan 은/는
  • Jika memperkenalkan atau menegaskan “siapa yang melakukan sesuatu”, gunakan 이/가

2. Ingat “은/는 = general, 이/가 = specific” 

3. Latihan dengan membuat dua versi kalimat 

Misalnya: 

  • 저는 학생이에요. 
  • 제가 학생이에요. 

Rasakan nuansa bedanya. 

4. Biasakan membaca dialog, bukan kalimat tunggal 

Karena partikel ini sangat bergantung pada konteks. 

G. Latihan Mini (Untuk Pemahaman Cepat) 

Coba tentukan apakah harus memakai 은/는 atau 이/가

  1. 오늘___ 비가 와요. 
  1. 학생___ 책을 읽어요. 
  1. 저는 한국___ 좋아해요. 
  1. 책___ 비싸요. 

Jawaban: 

  1. 은 
  1. 이/가 
  1. 을 (objek, bonus!) 
  1. 은 
diagram perbedaan partikel 은는 dan 이가

Belajar membedakan partikel 은/는 dan 이/가 sebenarnya tidak sesulit yang terlihat. Kuncinya adalah memahami bahwa keduanya memiliki fungsi yang berbeda—yang satu sebagai penanda topik, dan yang lainnya sebagai penanda subjek. Dengan banyak membaca dialog dan memperhatikan konteks, kamu akan semakin mudah merasakannya secara alami.

Jika kamu ingin memahami partikel seperti ini dengan lebih mendalam, kamu bisa mengikuti kursus bahasa Korea di King Sejong Institute Bandung 2, cabang resmi King Sejong Institute yang berada di Bandung sejak tahun 2022. KSI Bandung 2 menawarkan kurikulum resmi dari pemerintah Korea dan diajarkan langsung oleh pengajar native speaker yang memiliki sertifikat mengajar bahasa Korea. Selengkapnya bisa dilihat di halaman resmi:
https://lac.telkomuniversity.ac.id/king-sejong-institute-bandung-2/ 

Buat kamu yang ingin belajar bahasa Korea dari awal, memahami tata bahasa secara runtut, dan mendapat pembelajaran yang terstruktur, King Sejong Institute Bandung 2 juga menyediakan kursus lengkap dari level 1A hingga 3B, cocok untuk pemula hingga lanjutan. Informasi lengkap kursus bisa dilihat di:
https://lac.telkomuniversity.ac.id/kursus-bahasa/bahasa-korea-king-sejong-institute-bandung-2/ 

Penulis: Pusat Bahasa Tel-U | Editor : Luna Aulia | Foto: Pusat Bahasa Tel-U


Eksplorasi konten lain dari Telkom University Language Center

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *