
LaC Telkom University di Workshop Nasional II FILBA 2025
Telkom University Language Center (LaC), sebagai salah satu institusi layanan bahasa terkemuka dan anggota terverifikasi Forum Institusi Layanan Bahasa (FILBA), kembali menunjukkan komitmennya dalam peningkatan kualitas dan standar layanan bahasa. Komitmen tersebut diwujudkan melalui partisipasinya dalam Workshop Nasional II FILBA Tahun 2025. Kegiatan prestisius tahunan ini diselenggarakan atas kerja sama antara FILBA dan Unit Penunjang Akademik (UPA) Bahasa Universitas Mataram di Nusa Tenggara Barat, berlangsung selama tiga hari, mulai 29 hingga 31 Oktober 2025.
Workshop yang bertempat di Ruang Senat Gedung Rektorat Universitas Mataram ini menjadi ajang penting bagi para pengelola lembaga bahasa. LaC Telkom University mengirimkan dua perwakilan, yaitu Bapak Mochamad Fajar Akbar selaku Kepala Urusan Layanan Bahasa dan Bapak Tabah Ghifary Diniya sebagai Koordinator Language Assessment and Evaluation. Keikutsertaan dua perwakilan fungsional ini menyoroti fokus LaC dalam mengadopsi praktik terbaik dan inovasi terbaru, baik dalam aspek standar layanan bahasa serta pelatihan maupun asesmen bahasa.
Agenda kegiatan yang padat selama tiga hari ini mencerminkan kompleksitas dan urgensi isu-isu yang dihadapi lembaga bahasa perguruan tinggi. Hari pertama dibuka secara formal dengan sambutan Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama, dan Sistem Informasi, Prof. Akmaluddin, ST., M.Sc (Eng)., Ph.D., yang mewakili Rektor Universitas Mataram dan dilanjutkan dengan Keynote Speech bertema “Penguatan Kapasitas ILB dengan TKBI Berbasis World Englishes”. Sesi ini memberikan landasan strategis mengenai pentingnya penguatan Institusi Layanan Bahasa (ILB) dan relevansi standar uji kemahiran bahasa Indonesia (TKBI) dalam konteks globalisasi yang beragam, seperti tertera pada jadwal hari Rabu, 29 Oktober.

Memasuki hari kedua dan ketiga, fokus kegiatan beralih ke sesi-sesi workshop dan panel discussion yang sangat mendalam dan teknis. Workshop membahas isu-isu krusial seperti Arah Penjaminan Mutu dan Standardisasi Nasional Layanan Bahasa, International Networking, hingga integrasi Language Service to Learning Innovation. Sesi Panel, yang menampilkan narasumber dari berbagai Pusat Bahasa Perguruan Tinggi terkemuka, mencakup topik seperti Validitas Tes Bahasa Inggris Akademik (Panel Session 1) dan Strategi untuk Efisien dan Akurat SOP Generation Menggunakan ChatGPT (Panel Session 2).
Partisipasi lembaga bahasa dalam forum ini menjadi krusial mengingat pesatnya perkembangan teknologi dan tuntutan global terhadap kecakapan berbahasa. Dengan diikuti oleh 80 peserta dari lebih dari 40 lembaga bahasa di seluruh Indonesia, workshop ini memfasilitasi pertukaran ide dan pengalaman yang berharga. LaC berkesempatan untuk mengukur, membandingkan, dan memperkaya model layanan bahasa mereka termasuk pengembangan English Proficiency Test (EPrT) milik LaC dengan standar yang diterapkan oleh institusi layanan bahasa lain di Indonesia.
Diharapkan, hasil dari Workshop Nasional II FILBA 2025 ini akan memperkuat posisi LaC Telkom University sebagai pusat bahasa yang inovatif dan berstandar internasional. Pengetahuan dan jaringan yang diperoleh oleh LaC melalui kegiatan workshop ini akan diimplementasikan untuk meningkatkan mutu kurikulum pelatihan, validitas sistem tes, dan efisiensi operasional LaC, demi mendukung visi Telkom University dalam mencetak lulusan yang berdaya saing global. Ke depan, kolaborasi aktif dalam FILBA akan terus menjadi prioritas strategis bagi LaC.

Penulis: Pusat Bahasa Tel-U | Editor: Luna Aulia | Foto: Pusat Bahasa Tel-U
Eksplorasi konten lain dari Telkom University Language Center
Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.