EPrT® untuk Mahasiswa Tingkat Akhir TUJ

EPrT® untuk Mahasiswa Tingkat Akhir TUJ

Berdasarkan Pedoman Akademik Universitas Telkom Nomor: PU.025/AKD1/AKD-BAA/2022 Pasal 41, EPrT® merupakan salah satu syarat mendaftar sidang Tugas Akhir, Tesis, dan Distertasi bagi seluruh mahasiswa-mahasiswi Telkom University. Oleh karena itu, mahasiswa tingkat akhir Telkom University Jakarta (TUJ) diwajibkan untuk mengikuti EPrT®.

EPrT® untuk mahasiswa-mahasiswi Telkom University Jakarta (TUJ) akan dilaksanakan pada tanggal 27–28 Juni 2024.

Persyaratan Perlengkapan Tes EPrT®

Pastikan Anda dapat memenuhi standar perlengkapan dan ruangan untuk melaksanakan tes sebelum melakukan pendaftaran. Berikut perlengkapan tes dan lingkungan tempat tes yang harus Anda penuhi:

Perlengkapan Tes

1. Desktop PC atau Laptop
Tes dikerjakan melalui PC desktop atau laptop, bukan tablet atau smartphone. Berikut ketentuan spesifikasi device PC desktop atau laptop yang harus dipenuhi:
Windows Operating System 8.1, 10 atau 11 (Mac tidak support)
Catatan: Menggunakan mouse sangat direkomendasikan untuk memudahkan navigasi.
Terinstal Zoom Desktop Client pada laptop/PC, download melalui https://zoom.us/client/latest/ZoomInstaller.exe
Terinstal Safe Exam Browser versi 3.0.1, download melalui bit.ly/SEB301
Panduan instalasi dapat dilihat pada link berikut: Panduan Simulasi Demo EPrT dengan SEB

2. Koneksi Internet yang Stabil
Koneksi internet harus stabil, terutama jika menggunakan tethering.

3. Earphones dengan Mikrofon
Earphones harus berkabel (bukan wireless) dan digunakan pada bagian Listening.

4. Smartphone untuk Pengawasan
Selain Zoom pada PC/laptop, smartphone digunakan sebagai media monitoring kedua selama tes berlangsung. Tes akan dimonitor melalui DUA Zoom: yang terpasang di PC/laptop DAN smartphone. Pastikan Zoom dapat berjalan dengan baik di smartphone Anda.
Berikut ketentuan spesifikasi smartphone untuk menjalankan aplikasi Zoom: Android 5.0x atau lebih, iOS 8.0 atau lebih iPadOS 13 atau lebih. Gunakan Zoom di smartphone dan pastikan selalu menyala selama tes berlangsung.

5. Akun pada https://onlinelearning.telkomuniversity.ac.id
Akun ini digunakan untuk login dalam aplikasi ujian. Bagi mahasiswa, dosen, dan pegawai tetap/profesional yang sudah memiliki akun SSO, silakan login menggunakan akun SSO, dengan ketentuan pada bagian username ditambah @student.telkomuniversity.ac.id.

Lingkungan Tempat Tes

1. Privasi
Tes harus dilaksanakan di dalam ruangan, tanpa kehadiran siapa pun di sekitar Anda. Tes tidak boleh dilaksanakan di tempat umum.

2. Area Tidak Bising
Pastikan lingkungan Anda tidak bising dan mendukung tes.

3. Penempatan Gadget
Laptop atau monitor harus disimpan di atas meja. Meja harus bebas dari benda-benda yang tidak diperbolehkan saat tes.

4. Penerangan yang Baik
Ruangan Anda harus memiliki penerangan yang baik sehingga layar, meja, dan badan Anda dapat terlihat jelas oleh proktor.

5. Busana dan Penampilan
Kenakan pakaian yang rapi dan sopan. Selama tes, Anda akan bertatap muka dengan pengawas dan akan didokumentasikan.

Persiapan Sebelum Tes

Sebelum Tes

1. Melakukan Simulasi
Simulasi ditujukan untuk mengecek kesiapan perlengkapan peserta sebelum tes. Panduan lengkap simulasi dapat dilihat pada link berikut: bit.ly/PanduanSimulasiEPrT_SEB. Sebaiknya dokumen ini dibuka pada device lain karena demo ini akan menutup semua aplikasi pada laptop/PC.

2. Gunakan Microsoft Authenticator
Anda harus menggunakan Microsoft Authenticator untuk verifikasi login ke platform tes. Panduan install microsoft authenticator: bit.ly/panduan_mfa_aplikasi.

3. Ikuti Tes Sesuai Jadwal
Peserta diharuskan untuk mengikuti tes sesuai dengan jadwal yang Anda pilih pada formulir pendaftaran. Pemindahan jadwal tes tidak dapat dilakukan.

4. Bersiap Sebelum Tes
Bersiaplah sebelum tes. Pada Whatsapp Group, admin akan memberikan file untuk tes, link Zoom, serta password untuk mengakses file tersebut.

5. Siapkan Kartu Identitas
Siapkan kartu identitas berfoto seperti KTP/SIM/Kartu Mahasiswa berbentuk fisik (berbentuk scan/PDF/digital lainnya tidak diperkenankan).

6. Siapkan Dual Zoom
Untuk memonitor pelaksanaan tes, tes ini akan mengimplementasikan dual Zoom. Zoom pada laptop/PC dan Zoom pada smartphone. Smartphone harus diletakkan dengan benar sehingga memperlihatkan badan Anda dan layar pengerjaan tes.

7. Privasi
Pastikan tidak akan ada gangguan saat pelaksanaan tes. Kunci ruangan Anda bila perlu. Matikan segala alat komunikasi yang tidak diperlukan.

8. Masuk Zoom 30 Menit Sebelum Pelaksanaan Tes
Peserta diharuskan masuk ke Zoom 30 (tiga puluh) menit sebelum pelaksanaan tes. Peserta yang terlambat masuk ke Zoom tidak diperkenankan mengikuti tes dan biaya tes tidak dapat dikembalikan.

Selama Tes

1. Isi Penuh Daya Perlengkapan
Pastikan baterai laptop/smartphone penuh. Jika menggunakan PC, pastikan kabelnya terpasang baik. Jika memungkinkan, smartphone harus selalu terisi daya selama tes.

2. Device Tes
Pastikan ketika tes hari H, Anda menggunakan device yang sama ketika simulasi berhasil dan tidak menggunakan dua layar yang berbeda.

3. Peserta Tidak Diperkenankan ke Toilet
Setelah masuk ke aplikasi Zoom, peserta tidak diperkenankan meninggalkan layar Zoom, termasuk ke toilet.

4. Meja Pengerjaan Bersih
Di meja pengerjaan tes, tidak diperkenankan ada benda apapun, termasuk alat tulis.

5. Berpakaian Sopan dan Duduk Rapi
Selama tes, duduklah dengan benar, tidak berbaring. Berpakaianlah yang sopan karena tes ini akan didokumentasikan. Tidak diperbolehkan makan, minum, atau merokok selama tes berlangsung.

6. Menggunakan Earphones/Headset Berkabel
Peserta tes diwajibkan menggunakan earphones/headset berkabel saat sesi listening. Peserta yang tidak menggunakan earphones/headset berkabel, tidak diperkenankan mengikuti tes.

7. Selesaikan Tes
Janganlah meninggalkan tempat tes sampai diinstruksikan. Dengarkan penjelasan proktor sampai akhir.

8. Pelanggaran dalam Tes:

Browsing atau membuka tab browser baru pada browser
– Membuka aplikasi lain selain aplikasi tes
– Meng-copy soal-soal tes pada layar
– Mengunduh soal dalam bentuk apa pun
– Mencatat selama tes berlangsung
– Mengerjakan tes orang lain (menjadi joki)
– Mewakilkan pengerjaan tes kepada orang lain (menggunakan jasa joki)
-Mendapat bantuan secara langsung atau tidak langsung dari pihak lain dalam mengerjakan tes
– Meninggalkan tempat tes sebelum tes berakhir

Alur Pendaftaran

Silakan mengikuti alur pendaftaran tes EPrT® untuk mahasiswa tingkat akhir sebagai berikut:
1. Membaca persyaratan perlengkapan tes
2. Mengisi formulir pendaftaran melalui link berikut bit.ly/EPrT_TUJ
3. Melakukan pembayaran tes EPrT® senilai Rp150.000
4. Mengupload bukti bayar pada link berikut bit.ly/BuktiBayarUpload_New
5. Menunggu diundang ke grup tes di WhatsApp maksimal H-1 tanggal tes

Tata Cara Pembayaran

Silakan mengikuti tata cara pembayaran tes EPrT® sebagai berikut:
Nama Bank Tujuan: Bank Mandiri
Nama Rekening Tujuan: Universitas Telkom (VA)
Nominal Pembayaran EPrT: Rp150.000

A. M-Banking Mandiri
– Menu Bayar
– Buat Pembayaran Baru
– Pendidikan
– Penyedia Jasa: 88877 / Universitas Telkom (VA)
– Masukkan Nomor VA*
– Masukkan Nominal Pembayaran

B. M-Banking Non Mandiri
– Transfer Antar Bank
– Pilih Bank Mandiri
– Masukkan Nomor VA*
– Masukkan Nominal Pembayaran

C. ATM Mandiri
– Bayar / Beli
– Pendidikan
– Penyedia Jasa: 88877 / Universitas Telkom (VA)
– Masukkan Nomor VA*
– Masukkan Nominal Pembayaran

D. ATM Non Mandiri
– Transfer Antar Bank
– Masukkan Kode Bank Mandiri 008 + Nomor VA*
– Masukkan Nominal Pembayaran

*Nomor VA:
– Untuk mahasiswa dan alumni Universitas Telkom kode VA terdiri dari: 888777 + NIM
– Untuk mahasiswa S1, D3, dan D4 angkatan 2023 Universitas Telkom kode VA terdiri dari 888777 + 10 digit terakhir NIM masing-masing.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *