SSD (Soal Sering Ditanya)

Berikut ini beberapa pertanyaan umum tentang layanan LaC Telkom University.

SSD Soal Sering Ditanya
UmumTes BahasaKursus BahasaTerjemahan/ProofreadingKing Sejong Institute Bandung 2

Umum

Bagaimana cara mengajukan SKPI di LaC?

Mahasiswa terlebih dahulu mengajukan SKPI di iGracias masing-masing. Pastikan status pengajuan sudah Y/disetujui di bagian BK.

Setelah bagian BK sudah disetujui, data akan otomatis masuk ke LaC dan mohon menunggu maksimal 3 hari kerja setelah persetujuan BK agar status LaC menjadi Y/disetujui.

Anda tidak perlu melakukan konfirmasi kembali. SKPI akan diproses sesuai antrian yang masuk dari BK. Mohon kesediannya untuk menunggu.

Apakah layanan yang ada di LaC bisa diikuti oleh umum atau hanya untuk sivitas Tel-U?

Semua layanan yang ada di LaC bisa diikuti oleh umum.

Apa saja layanan yang tersedia di LaC?

LaC menyediakan layanan tes bahasa, kursus bahasa, terjemahan dan proofreading.

Bagaimana tata cara pembayaran non Bank Mandiri via Teller, ATM, dan M-Banking?

Jika pembayaran dilakukan dari non Bank Mandiri maka silakan memilih transfer antar bank terlebih dahulu dengan bank tujuan adalah Bank Mandiri. Silakan kunjungi laman berikut terkait tata cara pembayaran bit.ly/LaCPayment24

Bagaimana saya bisa mendapatkan surat pemakluman/pengecualian untuk tes EPrT®?

Berdasarkan Pedoman Akademik nomor PU.022/AKD01/AKD-BPA/2024 tanggal 2 September 2024 bahwa surat pengecualian didapatkan dari ketua program studi bagi yang sudah mengambil tes EPrT® sebanyak 3 (tiga) kali dengan skor masih di bawah batas minimal. Pengecualian hanya diberikan apabila selang waktu antar tes minimal 30 hari kalender. Oleh karena itu, silakan Anda bertanya/berkonsultasi dengan prodi Anda masing-masing.

Tes Bahasa

Saya mengisi tujuan tes untuk mata kuliah Bahasa Inggris padahal untuk sidang. Apa tidak apa-apa?

Tujuan tes tidak akan berpengaruh terhadap hasil atau sertifikat. Sertifikat tetap dapat digunakan untuk keperluan sidang atau yang lainnya.

Skor minimal untuk EPrT® berapa?

Berdasarkan Pedoman Akademik nomor PU.025/AKD1/AKD-BAA/2022 Pasal 41 poin 2, untuk skor minimal EPrT® sebagai syarat sidang adalah 450 untuk D3, D4, dan S1. Sedangkan untuk S2 adalah 477, dan untuk S3 adalah 500. Silakan pastikan kembali ke prodi masing-masing terkait skor yang dibutuhkan.

Bagaimana mendapatkan sertifikat EPrT® jika sudah alumni?

Jika iGracias masih bisa diakses dan ada menu Pusat Bahasa, silakan memilih menu Pusat Bahasa > Skor Tes Bahasa dan klik ikon pita merah untuk mengunduh sertifikat. Jika tidak ada menu Pusat Bahasa, bisa menghubungi Admin WhatsApp LaC di 082129294443 dengan menyertakan nama lengkap, NIM, dan email aktif untuk Admin bantu kirimkan soft copy sertifikatnya. Sebagai informasi, sertifikat yang bisa diunduh hanyalah sertifikat yang masih valid (belum expired).

Kenapa pendaftaran tes EPrT®/ECCT® saya u003cemu003eexpiredu003c/emu003e?

Terkait pendaftaran EPrT®/ECCT® yang sudah expired, berikut alasannya:

1. Anda tidak melakukan prosedur secara lengkap (prosedur tes terdiri dari mendaftar di iGracias, membayar tes, dan upload bukti pembayaran di bit.ly/BuktiBayarUpload_New).

2. Anda mendaftar diluar jam/hari kerja sehingga Anda tidak bisa mengisi link bit.ly/BuktiBayarUpload_New karena link tersebut hanya bisa diisi di hari kerja Senin-Jumat pukul 08:00-16:00 WIB.

Apa yang perlu saya lakukan ketika pendaftaran telah u003cemu003eexpired u003c/emu003edan saya telah membayar biaya tes?

Berikut hal-hal yang harus Anda lakukan kembali jika pendaftaran Anda sudah expired:

1. Mengisi kembali form pendaftaran di iGracias (pilih jadwal yang tersedia)

2. Mengupload bukti bayar di bit.ly/BuktiBayarUpload_New (diharapkan untuk mengisi pada jam kerja Senin-Jumat pukul 08:00-16:00 WIB)

Anda tidak perlu membayar lagi. Silakan upload bukti bayar Anda sebelumnya.

3. Menunggu verifikasi tes yang akan dikirimkan ke e-mail Anda. Proses verifikasi bisa menghabiskan waktu berjam-jam jika antrean sedang banyak. Dimohon untuk bersabar karena proses verifikasi di LaC masih manual oleh staf. Pendaftaran Anda akan kami verifikasi di hari yang sama.

Saya sudah mendaftar, membayar, dan upload bukti pembayaran tapi kenapa statusnya masih belum lunas?

Jika sudah melakukan prosedur secara lengkap (prosedur tes terdiri dari mendaftar di iGracias, membayar tes, dan upload bukti pembayaran di bit.ly/BuktiBayarUpload_New), pendaftarannya saat ini sedang dalam antrian verifikasi. Mohon ditunggu terlebih dahulu. Jika sukses nanti pendaftaran di iGracias akan berubah menjadi ceklis hijau. Proses verifikasi bisa menghabiskan waktu berjam-jam jika antrean sedang banyak. Dimohon untuk bersabar karena proses verifikasi di LaC masih manual oleh staf. Pendaftaran Anda akan kami verifikasi di hari yang sama.

Apakah tes EPrT® bisa menggunakan Mac?

Mohon maaf saat ini tes EPrT® belum dapat dilaksanakan menggunakan macOS karena versi SEB yang digunakan belum support. Kami sarankan untuk meminjam atau menggunakan device lain sesuai ketentuan. Saat ini pelaksanaan EPrT® menggunakan Mac masih dalam pengembangan. Mohon maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi.

Dimana saya bisa melihat jadwal tes TOEFL ITP®?

Jadwal pelaksanaan tes TOEFL ITP® ada di setiap hari Selasa dengan jadwal yang tersedia yang dapat dilihat di laman website kami https://lac.telkomuniversity.ac.id/tes-bahasa/#itp

Apakah pendaftaran sidang diperbolehkan dari instansi luar?

Sesuai dengan pedoman akademik nomor PU.022/AKD01/AKD-BPA/2024 tanggal 2 September 2024, tes bahasa yang dapat dipakai untuk sidang yaitu TOEFL ITP®, EPrT®, IELTS, atau TOEFL iBT®. EPrT® merupakan kependekan dari English Proficiency Test yang dikembangkan oleh LaC dan telah terdaftar, sedangkan TOEFL ITP® dan TOEFL iBT® adalah tes bahasa milik ETS yang berstandar internasional.

Jika menggunakan TOEFL ITP®, IELTS, atau TOEFL iBT®, silakan ajukan melalui iGracias pada menu Pusat Bahasa > Skor Tes Bahasa > Nilai Dari Instansi Luar. Dokumen asli tidak perlu dibawa ke kantor LaC. Mohon menunggu persetujuan sertifikat tersebut karena kami perlu konfirmasi ke pihak penyelenggara terlebih dahulu. Lamanya proses persetujuan menyesuaikan konfirmasi dari IIEF/pihak penyelenggara. Konfimasi biasanya memakan waktu 1-3 hari kerja. Namun, paling lama bisa mencapai 7 hari kerja.

Berapa hari sertifikat tes TOEFL ITP® bisa didapatkan?

Jika tidak ada kendala, sertifikat TOEFL ITP® akan didapat dalam 14 hari kerja setelah tes (Sabtu, Minggu, hari libur nasional tidak termasuk). Mohon maaf kami tidak dapat menjanjikan sertifikat didapat lebih cepat karena sertifikat diterbitkan langsung oleh ETS.

Berapa hari sertifikat ECCT®/EPrT® bisa didapatkan?

Hasil skor dan sertifikat EPrT®/ECCT® dapat diakses di iGracias masing-masing satu hari kerja setelah jadwal tes (Sabtu, Minggu, Cuti Bersama, dan Libur Nasional tidak termasuk) mulai pukul 14:00 WIB. Mohon bantuannya untuk dicek secara berkala di iGracias menu Pusat Bahasa > Skor Tes Bahasa.

Apa saja tes bahasa yang tersedia di LaC?

LaC menyediakan layanan tes EPrT®, ECCT®, TelUVEE, TOEFL ITP®, TOEIC®, IELTS, dan pembelian voucher tes TOEFL iBT. Untuk informasi lebih lanjut silakan kunjungi laman Tes Bahasa https://lac.telkomuniversity.ac.id/tes-bahasa/

Apakah sertifikat tes EPrT® bisa digunakan untuk pendaftaran CPNS atau BUMN?

Terkait bisa dipakai atau tidak, silakan konfirmasi kembali ke instansi yang meminta melampirkan sertifikat tersebut. Kebijakan tersebut ada di tempat kerja/instansi tujuan.

Bagaimana mengunduh sertifikat tes EPrT® atau ECCT®?

Silakan akses akun iGracias > Pusat Bahasa > Skor Tes Bahasa dan klik ikon pita merah untuk mengunduh sertifikat. Sebagai informasi, sertifikat yang bisa diunduh hanyalah sertifikat yang masih valid (belum expired).

Apakah peserta tes EPrT® bisa melakukan pendaftaran kembali untuk tes dalam waktu dekat?

LaC hanya memiliki ketentuan peserta hanya dapat 1x tes EPrT® di hari yang sama. Jika peserta ingin tes kembali maka silakan melakukan pendaftaran dan pembayaran kembali.

Apa saja yang perlu disiapkan untuk tes EPrT®?

Ketentuan device dan panduan simulasi tes EPrT® dapat diakses di laman https://lac.telkomuniversity.ac.id/tes-bahasa/#Prosedur-Pendaftaran-EPrT

Pastikan simulasi berhasil dilakukan tanpa kendala. Khusus untuk Laptop HP Series Gaming dan/atau Laptop/PC dengan system operasi Windows 11 24H2, jika terkendala dan ada device lain, silakan dicoba menggunakan device lain.

Kursus Bahasa

Apa saja kursus yang tersedia di LaC?

LaC menyediakan kursus Bahasa Inggris, Bahasa Asing, English for Specific Purposes, English Test Preparation, Short Course, dan BIPA. Informasi terkait kursus dapat dilihat pada laman https://lac.telkomuniversity.ac.id/kursus-bahasa/

Apakah kursus tersedia secara online?

Pada form pendaftaran kursus akan tersedia pilihan online atau offline, silakan memilih salah satu yang diminati. Khusus untuk kursus Bahasa Jepang, Bahasa Mandarin, dan Bahasa Prancis, kelas akan diadakan secara online saja.

Bagaimana cara mendaftar kursus di LaC?

Pendaftaran dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran di http://tel-u.ac.id/formlackursus

Sebagai informasi, pendaftaran kursus LaC akan dibuka per triwulan/tiap tiga bulan sekali. Pantau terus instagram @lac.telkomuniv untuk informasi pembukaan kursus.

Terjemahan/Proofreading

Bagaimana jika saya ingin menggunakan layanan terjemahan/proofreading dari LaC?

Pengguna layanan bisa mengisi formulir pengajuan yang tersedia di website kami
Terjemahan: https://lac.telkomuniversity.ac.id/terjemahan/#terjemahan
Proofreading: https://lac.telkomuniversity.ac.id/terjemahan/#proofreading

Ketika pengguna layanan sudah mengajukan, tim LaC akan mengirimkan rincian biaya dan estimasi pengerjaan. Perhitungan rincian biaya sesuai dengan Format Perhitungan Tarif yang LaC miliki, yaitu:

Format penghitungan tarif:
Ukuran kertas: A4
Font: calibri 12
Spasi: double
Margin: 2,5 cm setiap sisi
Kolom: satu kolom

Format ini diberlakukan hanya untuk menghitung total pembayaran, format dokumen hasil terjemahan/proofreading akan sesuai dengan format dokumen sumber.

*Pengerjaan terjemahan/proofreading dimulai ketika pengguna layanan sudah menyetujui total biaya dan durasi pengerjaan terjemahan/proofreading.

Untuk cakupan layanan proofreading apa saja yang akan dicek?

Cakupan layanan proofreading terdiri dari:
1. Spelling (basic typos, mental block word, homonyms, UK Vs. US Variants)
2. Punctuation (comma splice, apostrophes, hyphenation)
3. Capitalization (things you should and shouldn’t capitalize)
4. Grammar & Syntax (S-V agreement, dangling modifiers, faulty parallelism)
5.Typographical Issues (italic, bold)
6. Consistency (dates, numbers, word choice, company-specific terms, contradictory statements, names and titles, days and dates, contact information)

King Sejong Institute Bandung 2

Apakah di KSI Bandung 2 hanya membuka kelas Sejong 1, Sejong 2, dan Sejong 3 saja?

Benar, di KSI Bandung 2 hanya membuka 3 level saja yaitu kelas Sejong 1, Sejong 2, dan Sejong 3.

Apakah kelas Sejong 2 dan 3 tidak ada kelas offline-nya?

Tidak ada. Kelas offline hanya ada untuk level Sejong 1 saja, dan Sejong 2 dan 3 dilakukan secara online.

Jika ingin memasuki kelas Sejong 1, apa kita perlu untuk mengikuti placement test?

Tidak perlu. Placement test hanya dilakukan untuk siswa yang ingin memasuki kelas Sejong 2 dan Sejong 3.

Apakah bisa kita memilih Sejong 2 dan Sejong 3 tanpa placement test?

Bisa, jika kalian memiliki sertifikat KSI level Sejong 1 (untuk yang ingin masuk level Sejong 2) dan sertifikat KSI level Sejong 2 (untuk yang ingin masuk level Sejong 3). Jika tidak punya, maka kalian harus mengikuti placement test mandiri secara online. Tutorial ada di postingan Instagram dan facebook.

Saya pernah belajar bahasa Korea di tempat lain, tetapi bingung harus memilih Sejong 1, Sejong 2, atau Sejong 3. Mana yang harus saya pilih?

Jika masih ragu, silahkan lakukan placement test terlebih dahulu. Kemudian lihat hasilnya dan pilih level sesuai hasil yang kalian dapatkan.

Apakah ada kegiatan lain seperti kegiatan budaya Korea pada saat pembelajaran?

Ya, ada. Di KSI akan ada kegiatan budaya Korea setiap semesternya. Biasanya kegiatan dilakukan secara gratis.

Kegiatan budayanya seperti apa kak?

Kegiatan budaya yang biasa diselenggarakan adalah kegiatan budaya Korea seperti mencoba Korean food, mencoba memakai hanbok, membuat kaligrafi hangul, dan lain-lain.

Apakah ada kelas yang diadakan pada hari Sabtu/Minggu?

Saat ini KSI Bandung 2 hanya menyediakan kelas sesuai jadwal yang terdapat pada postingan pendaftaran. Jadi tidak ada kelas untuk hari Sabtu/Minggu.

Apakah pembayaran bisa dicicil?

Mohon maaf, untuk pembayaran tidak bisa dilakukan dengan cara mencicil.

Untuk kelas online, bukunya akan dikirim ke rumah atau tidak?

Ya, untuk kelas online buku akan dikirim ke rumah masing-masing.

Untuk kelas offline kapan bukunya diberikan?

Untuk kelas offline buku akan diberikan di kelas pada pertemuan pertama.

Apakah harga tercantum pada poster adalah harga kursus untuk 1 bulan?

Tidak, harga kursus itu untuk 1 semester (60 jam pembelajaran).

Satu semester itu dari kapan sampai kapan?

Untuk kelas online akan dimulai dari akhir bulan Agustus hingga akhir November 2023, dan kelas offline akan dimulai awal September hingga akhir November 2023.

Kapan kelas dimulai?

Kelas online akan dimulai pada tanggal 21 Agustus 2023 dan kelas offline dimulai pada tanggal 5 September 2023.

Apakah pendaftaran ini untuk mahasiswa Universitas Telkom saja?

Pendaftaran kelas Bahasa Korea diperuntukan untuk umum sehingga jika bukan mahasiswa Universitas Telkom juga bisa mendaftar.

Biaya pengiriman buku harus bayar lagi atau tidak?

Biaya kursus sudah termasuk biaya ongkir sehingga kalian tidak usah membayar lagi biaya ongkirnya.

Apakah di KSI Bandung 2 pengajarnya orang Korea asli?

Pengajar di KSI Bandung 2 adalah Korean Native Speaker dan pengajar lokal. Ada 2 orang pengajar yang saat ini mengajar di KSI Bandung 2, yaitu Lee Hye Won seonsaengnim dan Asma seonsaengnim. Mereka berdua adalah pengajar Bahasa Korea yang sudah berpengalaman.

Diperbaharui pada tanggal 14 Maret 2025

Formulir Masukan

Silakan mengisi formulir di bawah ini untuk menyampaikan pertanyaan, saran, ataupun keluhan.

Perhatian!

Khusus untuk civitas Telkom University, anda dapat menyampaikan pertanyaan, saran, ataupun keluhan melalui menu masukan dan keluhan di iGracias.


Silakan klik tombol di samping untuk melihat status dari masukan yang telah disampaikan kepada Pusat Bahasa

LaC Telkom University

Pertanyaan dan Info Lainnya

Jika terdapat pertanyaan atau kendala seputar kursus bahasa, silakan hubungi admin LaC.