Tes Bahasa

EPrT Home Edition akan dilaksanakan dengan menggunakan Safe Exam Browser pada platform MOOC per tanggal 2 Agustus 2021.

Mohon untuk membaca panduan baik-baik agar siap dan tidak terjadi kendala saat pelaksanaan tes.

EPrT

EPrT atau English Proficiency Test adalah alat untuk mengukur kecakapan berbahasa Inggris, yang mencakup:

    • Listening Competence sebanyak 50 soal
    • Grammar Competence sebanyak 40 soal
    • Reading Competence sebanyak 50 soal

EPrT Home Edition adalah EPrT versi online. Tidak ada perbedaan antara EPrT Home Edition dan EPrT selain dari pelaksanaannya yang dilaksanakan secara online. Selama pandemi, Pusat Bahasa hanya menyelenggarakan EPrT Home Edition.

Bagi mahasiswa Telkom University, EPrT merupakan salah satu syarat kenaikan tingkat dan juga syarat untuk mengikuti sidang akhir. Mahasiswa disarankan untuk selalu mempunyai sertifikat EPrT yang valid.

Rentang skor EPrT: 310-677

Durasi pelaksanaan EPrT: ± 2.5 jam

Masa berlaku sertifikat EPrT: 2 tahun

Jadwal EPrT:

Senin-Kamis:

Sif 1: 08.00 – 10.00 WIB
Sif 2: 11.00 – 13.00 WIB
Sif 3: 14.00 – 16.00 WIB

Jumat:

Sif 1: 08.00 – 10.00 WIB
Sif 2: 14.00 – 16.00 WIB

Tarif: Rp. 150.000,-

 

Prosedur Pendaftaran EPrT

Sebelum Mendaftar: Cek Lingkungan dan Perlengkapan 🔻

Pastikan Anda dapat memenuhi standar perlengkapan dan ruangan untuk melaksanakan tes sebelum melakukan pendaftaran. Berikut perlengkapan tes dan lingkungan tempat tes yang harus Anda penuhi:

Perlengkapan Tes

  • Desktop PC atau Laptop
Tes dikerjakan melalui PC desktop atau laptop, bukan tablet atau smartphone. Berikut ketentuan spesifikasi device PC desktop atau laptop yang harus dipenuhi:
  • Koneksi Internet yang Stabil
Koneksi internet harus stabil, terutama jika menggunakan tethering.
  • Earphones dengan Mikrofon 

Earphones digunakan pada bagian Listening.

  • Smartphone untuk Pengawasan

Selain Zoom pada PC/laptop, Smartphone digunakan sebagai media monitoring kedua selama tes berlangsung. Tes akan dimonitor melalui DUA Zoom: yang terpasang di PC/laptop DAN Smartphone. Pastikan Zoom dapat berjalan dengan baik di Smartphone Anda.

Berikut ketentuan spesifikasi smartphone untuk menjalankan aplikasi Zoom: Android 5.0x atau lebih, iOS 8.0 atau lebih iPadOS 13 atau lebih. Gunakan Zoom di smartphone dan pastikan selalu menyala selama tes berlangsung.

Akun ini digunakan untuk login dalam aplikasi ujian. Bagi mahasiswa, dosen, dan pegawai tetap/profesional yang sudah memiliki akun SSO, silakan login menggunakan akun SSO, dengan ketentuan pada bagian username ditambah @365.telkomuniversity.ac.id. 

Bagi pengguna non-SSO, silakan kunjungi link https://celoe.telkomuniversity.ac.id/register untuk melakukan registrasi. Pastikan menggunakan public username yang personal bagi Anda. Untuk password, gunakan minimal 8 karakter dengan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan symbol. Petunjuk pendaftaran lengkap dapat dilihat di sini.

Lingkungan Tempat Tes

  • Privasi
Tes harus dilaksanakan di dalam ruangan, tanpa kehadiran siapa pun disekitar Anda. Tes tidak boleh dilaksanakan di tempat umum.
  • Area Tidak Bising
Pastikan lingkungan Anda tidak bising dan mendukung tes.
  • Penempatan Gadget
Laptop atau monitor harus disimpan di atas meja. Meja harus bebas dari benda-benda yang tidak diperbolehkan saat tes.
  • Penerangan yang Baik
Ruangan Anda harus memiliki penerangan yang baik sehingga layar, meja, dan badan Anda dapat terlihat jelas oleh proktor.
  • Busana dan Penampilan
Kenakan pakaian yang rapi dan sopan. Selama tes, Anda akan bertatap muka dengan pengawas dan akan didokumentasikan.

Melakukan Pendaftaran 🔻

Pendaftaran EPrT (pendaftar mahasiswa dan sivitas akademika Telkom University) dilakukan melalui igracias igracias.telkomuniversity.ac.id

Bagi pendaftar yang tidak memiliki akun igracias (pendaftar umum dan alumni), silakan mengisi formulir permohonan akun igracias di link berikut: bit.ly/iGraciasRegistration

Pembuatan akun igracias memakan waktu 1 hari kerja. Informasi akun Anda akan dikirimkan ke alamat email yang Anda masukkan di formulir tersebut.

Mengisi formulir pendaftaran EPrT di igracias

Pendaftaran dilakukan paling lambat 2 hari kerja sebelum jadwal tes yang Anda pilih.
  • Login di igracias.telkomuniversity.ac.id
  • Pilih menu Pusat Bahasa
  • Pilih menu Registrasi Layanan Bahasa
  • Pilih menu Pendaftaran
  • Pilih menu Tes Bahasa
  • Pilih Online EPrT
  • Di kolom Room, pilih Home Edition
  • Pilih jadwal (tanggal & sif) yang Anda inginkan

Pembayaran

  • Upload bukti pembayaran di bit.ly/BuktiBayarUpload sebelum pukul 16:00 WIB di hari yang sama saat Anda mendaftar.

(Jika terlewat, pendaftaran Anda akan dibatalkan sistem, sehingga pendaftaran perlu diulangi di keesokan hari)

  • Jika pembayaran sudah sesuai, pendaftaran Anda di igracias akan dikonfirmasi. Pendaftaran Anda diterima.

PENTING: Anda wajib melakukan pembayaran dan upload bukti pembayaran pada bit.ly/BuktiBayarUpload sebelum pukul 16:00 WIB di hari yang sama Anda mengisi formulir pendaftaran di iGracias (hari kerja). Jika terlewat, pendaftaran Anda di iGracias akan otomatis dibatalkan sehingga Anda harus mengulangi pendaftaran kembali.

Bersiap sebelum Tes 🔻

Sebelum Tes

  • Melakukan simulasi
    Simulasi ditujukan untuk mengecek kesiapan perlengkapan peserta sebelum tes. Panduan lengkap simulasi dapat dilihat di sini. Sebaiknya dokumen ini dibuka pada device lain karena demo ini akan menutup semua aplikasi pada laptop/PC.
  • Privasi
    Pastikan tidak akan ada gangguan saat pelaksanaan tes. Kunci ruangan Anda bila perlu. Matikan segala alat komunikasi setelah diinstruksikan.
  • Bersiap Sebelum Tes
    Bersiaplah 30 menit sebelum tes. Pada Whatsapp Group, Admin akan memberikan file untuk tes, link Zoom, serta password untuk mengakses file tersebut.
  • Untuk memonitor pelaksanaan tes, tes ini akan mengimplementasikan dual Zoom. Zoom pada laptop/PC dan Zoom pada smartphone. Smartphone harus diletakkan dengan benar sehingga memperlihatkan badan Anda dan layar pengerjaan tes.

Selama Tes

  • Isi Penuh Daya Perlengkapan
    Pastikan baterai laptop/smartphone penuh. Jika menggunakan PC, pastikan kabelnya terpasang baik. Jika memungkinkan, smartphone harus selalu terisi daya selama tes.
  • Berpakaian Sopan dan Duduk Rapi
    Selama tes, duduklah dengan benar, tidak berbaring. Berpakaianlah yang sopan karena tes ini akan diokumentasikan. Tidak diperbolehkan makan, minum, atau merokok selama tes berlangsung.
  • Selesaikan Tes
    Janganlah meninggalkan tempat tes sampai diinstruksikan. Dengarkan penjelasan proktor sampai akhir.
  • Pelanggaran dalam Tes:
      1. browsing atau membuka tab browser baru pada browser
      2. membuka aplikasi lain selain aplikasi tes
      3. meng-copy soal-soal tes pada layar
      4. mengunduh soal dalam bentuk apa pun
      5. mencatat selama tes berlangsung
      6. mengerjakan tes orang lain (menjadi joki)
      7. mewakilkan pengerjaan tes kepada orang lain (menggunakan jasa joki)
      8. mendapat bantuan secara langsung atau tidak langsung dari pihak lain dalam mengerjakan tes
      9. meninggalkan tempat tes sebelum tes berakhir.

Menerima Hasil Tes 🔻

  • Hasil skor tes akan diunggah ke igracias 1 hari kerja setelah tanggal pelaksanaan tes pada pukul 14.00 WIB.
  • Sertifikat tes dapat diunduh di igracias oleh masing-masing peserta tes.

Pembatalan dan Ubah Jadwal 🔻

Pembatalan

  • Jika pembatalan dilakukan sebelum pembayaran, tidak ada penalti yang berlaku. Sistem akan otomatis membatalkan pendaftaran jika Anda tidak meng-upload bukti bayar.
  • Jika pembatalan dilakukan setelah melakukan pembayaran, biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.

Perubahan Jadwal

  • Jika Anda ingin mengubah jadwal tes setelah mengisi formulir pendaftaran di igracias tetapi belum melakukan pembayaran, Anda hanya perlu mengisi formulir pendaftaran kembali dengan memilih jadwal yang baru.
  • Anda tidak dapat mengubah jadwal setelah melakukan pembayaran. Oleh karena itu, pastikan Anda siap untuk mengikuti tes di jadwal yang dipilih.

ECCT

ECCT atau English Communicative Competence Test adalah alat untuk mengukur kemampuan berbicara dalam bahasa Inggris. Komponen penilaian ECCT terdiri dari pronunciation, grammar, vocabulary, flow of speech, construction of ideas, dan task completion.

ECCT Home Edition adalah ECCT versi online. Tidak ada perbedaan antara ECCT Home Edition dan ECCT selain dari pelaksanaannya yang dilaksanakan secara online. Selama pandemi, Pusat Bahasa hanya menyelenggarakan ECCT Home Edition.

Rentang skor ECCT: 0-4

Durasi pelaksanaan ECCT: ± 15 menit

Masa berlaku sertifikat ECCT: 2 tahun

Jadwal ECCT:

Senin-Kamis:

Sif 1: 08.00 – 10.00 WIB
Sif 2: 11.00 – 13.00 WIB

Jumat:

Sif 1: 08.00 – 10.00 WIB
Sif 2: 14.00 – 16.00 WIB

Tarif: Rp. 125.000,-

 

Prosedur Pendaftaran ECCT

Sebelum Mendaftar: Cek Lingkungan dan Perlengkapan 🔻

Pastikan Anda dapat memenuhi standar perlengkapan dan ruangan untuk melaksanakan tes sebelum melakukan pendaftaran!

Berikut perlengkapan tes dan lingkungan tempat tes yang harus Anda penuhi:

Perlengkapan tes

  • PC desktop atau laptop.
    Tes tidak diperkenankan dilakukan melalui tablet atau smartphone.
  • Koneksi internet yang stabil.
  • Aplikasi Zoom.
    Tes dilaksanakan melalui aplikasi Zoom. Pastikan aplikasi ini sudah terinstal pada PC atau laptop yang akan digunakan untuk tes.
  • Earphones atau headphones dengan mikrofon.
    Earphones atau headphones sangat dianjurkan agar lebih jelas berkomunikasi dengan interviewer.
  • Kamera laptop atau add-on pada PC.
    Kamera wajib dinyalakan sepanjang pelaksanaan tes. Pastikan kamera berfungsi dengan baik.

Lingkungan tempat tes

  • Privasi
    Tes harus dilaksanakan di dalam ruangan, tanpa kehadiran siapa pun. Tes tidak boleh dilaksanakan di tempat umum.
  • Tempat duduk nyaman
    Selama tes, pastikan Anda duduk dengan nyaman, tidak berbaring. Anda tidak diperkenankan makan atau minum selama interview.
  • Penempatan gadget
    Laptop atau monitor harus disimpan di atas meja. Meja harus bebas dari benda-benda yang tidak diperbolehkan saat tes.
  • Media mencatat
    Anda diperbolehkan mencatat pada bagian tertentu interview. Pada akhir tes, Anda akan diminta menghancurkan kertas catatan yang telah Anda gunakan.
  • Busana dan penampilan
    Kenakan pakaian yang rapi dan sopan. Selama tes, Anda akan bertatap muka dengan interviewer dan akan didokumentasikan.

Melakukan Pendaftaran 🔻

Pendaftaran ECCT (pendaftar mahasiswa dan sivitas akademika Telkom University) dilakukan melalui igracias igracias.telkomuniversity.ac.id

Bagi pendaftar yang tidak memiliki akun igracias (pendaftar umum dan alumni), silakan mengisi formulir permohonan akun igracias di link berikut: bit.ly/iGraciasRegistration

Pembuatan akun igracias memakan waktu 1 hari kerja. Informasi akun Anda akan dikirimkan ke alamat email yang Anda masukkan di formulir tersebut.

Mengisi formulir pendaftaran ECCT di igracias

Pendaftaran dilakukan paling lambat 2 hari kerja sebelum jadwal tes yang Anda pilih.
  • Login di igracias.telkomuniversity.ac.id
  • Pilih menu Pusat Bahasa
  • Pilih menu Tes Bahasa
  • Pilih Online ECCT
  • Di kolom Room, pilih Home Edition
  • Pilih jadwal (tanggal & sif) yang Anda inginkan

Pembayaran

  • Upload bukti pembayaran di bit.ly/BuktiBayarUpload sebelum pukul 16:00 WIB di hari yang sama saat Anda mendaftar.

(Jika terlewat, pendaftaran Anda akan dibatalkan sistem, sehingga pendaftaran perlu diulangi di keesokan hari)

  • Jika pembayaran sudah sesuai, pendaftaran Anda di igracias akan dikonfirmasi. Pendaftaran Anda diterima.

PENTING: Anda wajib melakukan pembayaran dan upload bukti pembayaran pada bit.ly/BuktiBayarUpload sebelum pukul 16:00 WIB di hari yang sama Anda mengisi formulir pendaftaran di iGracias (hari kerja). Jika terlewat, pendaftaran Anda di iGracias akan otomatis dibatalkan sehingga Anda harus mengulangi pendaftaran kembali.

Bersiap sebelum Tes 🔻

  • Bersiap
    Bersiap-siaplah 30 menit sebelum tes. Admin akan menghubungi Anda untuk mengecek ulang persyaratan. Siapkan kartu identitas untuk ditunjukkan pada verifikasi peserta.
  • Headphone/Earphone dengan Mikrofon
    Pasang headphone/eaprhone Anda dan pastikan sudah berfungsi. Pastikan juga mikrofon dapat memperdengarkan suara Anda dengan jelas.
  • Catatan
    Siapkan selembar kertas untuk mencatat. Pada akhir tes, interviewer akan meminta Anda memperlihatkan catatan dan menghancurkannya.
  • Privasi
    Pastikan tidak ada hal yang mengganggu ketika tes berlangsung. Kunci ruangan Anda jika perlu. Matikan juga alat komunikasi lain yang Anda miliki jika ada.

Menerima Hasil Tes 🔻

  • Hasil skor tes akan diunggah ke igracias 1 hari kerja setelah tanggal pelaksanaan tes pada pukul 14.00 WIB.
  • Sertifikat tes dapat diunduh di igracias oleh masing-masing peserta tes.

Pembatalan dan Ubah Jadwal 🔻

Pembatalan

  • Jika pembatalan dilakukan sebelum pembayaran, tidak ada penalti yang berlaku. Sistem akan otomatis membatalkan pendaftaran jika Anda tidak meng-upload bukti bayar.
  • Jika pembatalan dilakukan setelah melakukan pembayaran, biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.

Perubahan Jadwal

  • Jika Anda ingin mengubah jadwal tes setelah mengisi formulir pendaftaran di igracias tetapi belum melakukan pembayaran, Anda hanya perlu mengisi formulir pendaftaran kembali dengan memilih jadwal yang baru.
  • Anda tidak dapat mengubah jadwal setelah melakukan pembayaran. Oleh karena itu, pastikan Anda siap untuk mengikuti tes di jadwal yang dipilih.
PENTING!

PESERTA TES DIHARUSKAN UNTUK MEMENUHI KETENTUAN-KETENTUAN BERIKUT:
  1. Pastikan melaksanakan tes di tempat pribadi dan tidak ada orang disekitarnya (peserta yang melaksanakan tes dengan orang lain disekitarnya, akan didiskualifikasi) 
  2. Pastikan untuk menyiapkan earphones/headset berkabel sebelum pelaksanaan tes
  3. Pastikan sudah berhasil melakukan simulasi check in process pada aplikasi TOEFL Secure Browser
  4. Pastikan untuk mempersiapkan lingkungan tes dengan baik: koneksi internet dan kursi meja standar (peserta tanpa kursi meja standar atau lesehan tidak diperkenankan untuk mengikuti tes)
  5. Media tulis yang diperbolehkan hanya whiteboard/file folder plastik dan erasable marker (kertas dan pulpen/pensil tidak diperkenankan). Media catat hanya opsional dan tidak diharuskan

 

Ketentuan lengkap dapat dipelajari pada link bit.ly/Panduan-TOEFL

Apabila peserta tidak dapat memenuhi ketentuan yang berlaku, peserta tidak diperkenankan untuk mengikuti tes dan uang pendaftaran tidak dapat dikembalikan.

TOEFL ITP®

TOEFL ITP® adalah alat untuk mengukur kecakapan berbahasa Inggris yang diakui secara internasional dan merupakan produk resmi dari Educational Testing Service (ETS) yang mencakup:

    • Listening Competence sebanyak 50 soal
    • Grammar Competence sebanyak 40 soal
    • Reading Competence sebanyak 50 soal

TOEFL ITP® Online Remote Proctoring adalah versi online dari TOEFL ITP®. Tidak ada perbedaan antara keduanya selain dari pelaksanaannya yang dilakukan secara online.

Pusat Bahasa Universitas Telkom adalah authorized test center untuk TOEFL ITP® bekerja sama dengan IIEF (Indonesia International Education Foundation) yang merupakan penyelenggara resmi TOEFL ITP® di Indonesia.

Rentang skor TOEFL ITP®: 310-677

Durasi pelaksanaan TOEFL ITP®: ± 3 jam termasuk pengecekan identitas dan ruangan di mana peserta melakukan tes

Masa berlaku sertifikat TOEFL ITP®: 2 tahun

Tarif: Rp. 550.000,- (belum termasuk biaya pengiriman sertifikat)

 

Prosedur Pendaftaran TOEFL ITP®

Melakukan check readiness dan instalasi secure browser 🔻

Download panduan persiapan TOEFL ITP® berikut dan lakukan semua tahapan check readiness dan instalasi secure browser yang diinstruksikan dalam panduan:

bit.ly/Panduan-TOEFL

Lakukan checklist berikut untuk memastikan tidak ada tahapan yang terlewat:

  1. Sudah melakukan check readiness (pastikan Anda menyimpan PDF hasil check readiness karena dokumen tersebut harus dilampirkan di form pendaftaran). Terdapat 3 langkah pada check readiness, yaitu:
    • Run system check
    • Test delivery check
    • Bandwidth check
  2. Sudah download dan installed aplikasi SECURE BROWSER. Instruksi instalasi ada dalam panduan.

Mengisi formulir pendaftaran 🔻

Link formulir pendaftaran dapat dilihat pada tabel informasi Jadwal & Link Pendaftaran di bawah ini. Pastikan Anda sudah selesai membaca semua prosedur sebelum pergi ke laman jadwal dan mengisi formulir pendaftaran.

Melakukan pembayaran 🔻

Instruksi pembayaran akan dikirimkan kepada masing-masing peserta setelah tanggal registrasi berakhir. Dimohon untuk tidak melakukan pembayaran sebelum menerima instruksi pembayaran dari Pusat Bahasa. Biaya yang sudah dibayarkan tidak dapat dikembalikan untuk alasan apapun.

Upload bukti pembayaran 🔻

Silakan upload bukti pembayaran di link berikut:

bit.ly/BuktiBayarUpload 

(Form hanya dibuka di jam layanan LaC Senin-Jumat pukul 08:00-16:00 WIB. Sabtu, Minggu, dan Libur Nasional tutup)

Mengikuti tes sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan 🔻

Sebelum pelaksanaan tes, pastikan Anda sudah siap dan dapat mengikuti semua instruksi di bawah ini:

  • Pastikan laptop atau PC Anda memenuhi spesifikasi minimum yang disyaratkan dan sesuai dengan kriteria check readiness yang tersedia. Panduan check readiness dapat dilihat di link berikut
  • Pastikan untuk menginstall Zoom versi terbaru di smartphone Anda.
  • Pastikan Anda sudah berhasil melakukan simulasi (practice session) dan sudah mematuhi semua ketentuan yang diberikan.
  • Pastikan Anda memiliki koneksi Internet yang stabil selama pelaksanaan tes.

Bagi peserta yang tidak dapat memenuhi ketentuan yang sudah diberikan karena persiapan berlum dilakukan, peserta tidak diperkenankan mengikuti tes dan uang pendaftaran tidak dapat dikembalikan.

Menerima sertifikat tes 🔻

Sertifikat tes akan tersedia di Pusat Bahasa 14 hari kerja (Senin-Jumat) sejak tanggal pelaksanaan tes. Hari Sabtu, Minggu dan hari libur tidak dihitung.

Jadwal dan Link Pendaftaran TOEFL ITP® 2023

Bulan Tanggal Tes Waktu Link Pendaftaran Maksimal Pendaftaran Maksimal Pembayaran
Februari
9 Feb 2023
08.00-11.00 bit.ly/TOEFL_09Feb23_01
25 Jan 2023
27 Jan 2023
13.00-16.00 bit.ly/TOEFL_09Feb23_02
21 Feb 2023
08.00-11.00 bit.ly/TOEFL_21Feb23_01
10 Feb 2023
13 Feb 2023
13.00-16.00 bit.ly/TOEFL_21Feb23_02
Maret
9 Mar 2023
08.00-11.00 pendaftaran belum dibuka
22 Feb 2023
24 Feb 2023
13.00-16.00 pendaftaran belum dibuka
21 Mar 2023
08.00-11.00 pendaftaran belum dibuka
10 Mar 2023
13 Mar 2023
13.00-16.00 pendaftaran belum dibuka
April
4 Apr 2023
08.00-11.00 pendaftaran belum dibuka
23 Mar 2023
27 Mar 2023
13.00-16.00 pendaftaran belum dibuka
18 Apr 2023
08.00-11.00 pendaftaran belum dibuka
5 Apr 2023
10 Apr 2023
13.00-16.00 pendaftaran belum dibuka
Mei
11 Mei 2023
08.00-11.00 pendaftaran belum dibuka
28 Apr 2023
2 Mei 2023
13.00-16.00 pendaftaran belum dibuka
25 Mei 2023
08.00-11.00 pendaftaran belum dibuka
12 Mei 2023
15 Mei 2023
13.00-16.00 pendaftaran belum dibuka
Juni
8 Jun 2023
08.00-11.00 pendaftaran belum dibuka
26 Mei 2023
29 Mei 2023
13.00-16.00 pendaftaran belum dibuka
22 Jun 2023
08.00-11.00 pendaftaran belum dibuka
9 Jun 2023
12 Jun 2023
13.00-16.00 pendaftaran belum dibuka
Juli
6 Jul 2023
08.00-11.00 pendaftaran belum dibuka
23 Jun 2023
26 Jun 2023
13.00-16.00 pendaftaran belum dibuka
20 Jul 2023
08.00-11.00 pendaftaran belum dibuka
7 Jul 2023
10 Jul 2023
13.00-16.00 pendaftaran belum dibuka
Agustus
10 Agt 2023
08.00-11.00 pendaftaran belum dibuka
21 Jul 2023
24 Jul 2023
13.00-16.00 pendaftaran belum dibuka
24 Agt 2023
08.00-11.00 pendaftaran belum dibuka
11 Aug 2023
14 Agt 2023
13.00-16.00 pendaftaran belum dibuka
September
7 Sep 2023
08.00-11.00 pendaftaran belum dibuka
25 Agt 2023
28 Agt 2023
13.00-16.00 pendaftaran belum dibuka
21 Sep 2023
08.00-11.00 pendaftaran belum dibuka
8 Sep 2023
11 Sep 2023
13.00-16.00 pendaftaran belum dibuka
Oktober
12 Okt 2023
08.00-11.00 pendaftaran belum dibuka
22 Sep 2023
25 Sep 2023
13.00-16.00 pendaftaran belum dibuka
24 Okt 2023
08.00-11.00 pendaftaran belum dibuka
13 Okt 2023
16 Okt 2023
13.00-16.00 pendaftaran belum dibuka
November
9 Nov 2023
08.00-11.00 pendaftaran belum dibuka
25 Okt 2023
27 Okt 2023
13.00-16.00 pendaftaran belum dibuka
23 Nov 2023
08.00-11.00 pendaftaran belum dibuka
10 Nov 2023
13 Nov 2023
13.00-16.00 pendaftaran belum dibuka
Desember
7 Des 2023
08.00-11.00 pendaftaran belum dibuka
24 Nov 2023
27 Nov 2023
13.00-16.00 pendaftaran belum dibuka
21 Des 2023
08.00-11.00 pendaftaran belum dibuka
8 Des 2023
11 Des 2023
13.00-16.00 pendaftaran belum dibuka

Sehubungan dengan kondisi pandemi dan belum adanya TOEIC® versi online, Pusat Bahasa Universitas Telkom untuk saat ini belum dapat menyelenggarakan TOEIC®.

TOEIC®

TOEIC® (Test of English for International Communication) merupakan produk resmi dari Educational Testing Service (ETS) untuk mengukur kecakapan berbahasa Inggris. TOEIC® adalah salah satu tes kecakapan berbahasa Inggris yang diakui secara internasional. Pusat Bahasa Universitas Telkom adalah authorized test center untuk TOEIC® bekerja sama dengan ITC (International Testing Center) yang merupakan penyelenggara resmi TOEIC® di Indonesia. TOEIC® yang diselenggarakan di Pusat Bahasa Universitas Telkom mencakup tes:

    • Listening
    • Reading

Durasi perlaksanaan TOEIC: +- 2jam

Rentang skor TOEIC: 10-990

Masa berlaku sertifikat TOEIC: 2 tahun

TelUVEE

Telkom University Vocational English Examination (TelUVEE)  adalah alat ukur kecakapan bahasa Inggris dalam ranah vokasi yang dikembangkan oleh Pusat Bahasa Universitas Telkom. Jenis teks dan situasi yang digunakan dalam tes disesuaikan dengan ranah vokasi, seperti manual, prosedur, korespondensi, pengumuman, situasi perkantoran, situasi bisnis dan lain-lain.

Kompetensi yang diujikan dalam TelUVEE adalah:

    • Listening sebanyak 80 soal
    • Communicative Competence sebanyak 20 soal
    • Vocabulary and Grammar sebanyak 30 soal
    • Reading sebanyak 40 soal
    • Writing Knowledge sebanyak 30 soal

Durasi pelaksanaan TelUVEE: ± 2.5 jam termasuk pengecekan identitas

Rentang skor TelUVEE: 10 – 990

Masa berlaku sertifikat TelUVEE: 2 tahun


Info Lebih Lanjut & Penyelengaraan TelUVEE

Untuk saat ini, penyelenggaraan TelUVEE hanya berdasarkan permohonan secara kolektif dari instansi yang memerlukan. Info lebih lanjut dan permohonan pelaksanaan TelUVEE dapat diajukan melalui email lac@telkomuniversity.ac.id